Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Serial Experiment Lain / LAIN

Jumat, 06 Juli 2012


Alternative title:
Lain
Wirtualna Lain (Polish)
Серийные эксперименты Лэин (Russian)
Эксперименты Лэйн (Russian)
シリアルエクスペリメンツレイン (Japanese)
Genres: drama, mystery, psychological, science fiction, supernatural
Themes: computers, cyberpunk

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Jul 6, 1998 to Sep 28, 1998
Producers: TV Tokyo, Geneon Universal Entertainment, Genco, FUNimation EntertainmentL, Triangle Staff, Pioneer LDC, TV Tokyo Music, Fuji Pacific Music Publishing
Genres: Dementia, Mystery, Drama, Sci-Fi, Supernatural, Psychological
Duration: 23 min. per episode
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Opening Theme:
"Duvet" by Boa
Ending Theme:
"Tooi Sakebi" by Nakaido "Chabo" Rei'ichi

Serial Experiment Lain adalah sebuah anime series directed by Ryutaro nakamura, original karakter oleh Yoshitoshi Abe, screenplay oleh Chiaki J. Konaka, dan diproduksi oleh Yasuki Ueda untuk Triangle Staff. Disiarkan di TV tokyo dari Juli - September 1998. Sebuah game PS dengan judul yang sama dirilis November 1998 oleh Pioneer LDC.

Lain adalah sebuah anime yang dipengaruhi oleh subjek filosofi seperti kenyataan, identitas, dan komunikasi. Seri ini berfokus pada Lain Iwakura, seorang gadis remaja yang tinggal di Jepang, dan perkenalannya pada Wired, sebuah jaringan komunikasi global yang mirip dengan internet. Lain hidup di keluarga menengah, yang terdiri dari kakak perempuan tanpa ekspresi, Mika. Ibu nya yang dingin, dan ayah yang terobsesi pada komputer. Gejolak pertama yang muncul pada hidup sepi Lain adalah ketika ia mempelajari bahwa gadis dari sekolah nya menerima sebuah e-mail dari Chisa Yomoda, seorang teman sekolah yang bunuh diri. Ketika Lain menerima pesan di rumah, Chisa memberitahu bahwa ia tidak mati, hanya telah meninggalkan tubuhnya dan menemukan Tuhan di Wired. Dari sana, Lain terhubung dengan jalan dimana ia akan mempelajari lebih dalam tentang jaringan itu juga pikirannya sendiri.

Anime ini dilisensi di Amerika Utara oleh Geneon di DVD, VHS dan LaserDisc. Namun Geneon menutup divisi USA nya pada Desember 2007 dan seri nya tidak dicetak lagi. Namun di Anime Expo 2010, Funimation Entertainment mengumumkan bahwa seri ini telah dilisensi dan akan dirilis lagi di 2012. Meski begitu, Funanimation merilis beberapa episode di Youtube. Dirilis pula di Singapur oleh Odex. Video gamenya, yang hanya membagikan tema dan protagonis dari cerita ini tidak pernah dirilis selain di Jepang.

Seri ini mendemonstrasikan pengaruh dari filosofi, sejarah komputer, cyberpunk dan teori konspirasi, dan dibuat dalam beberapa artikel. Penonton memberikan kritik positif dari seri ini. Produser Ueda mengatakan bahwa dia bermaksud mengharapkan respon berbeda dari penonton Jepang dan Amerika dari konflik dalam cerita, namun mendapatkan respon yang hampir mirip.

Sinopsis :
Serial Experiments Lain mendeskripsikan "Wired" sebagai sejumlah koneksi jaringan manusia yang diciptakan oleh telegraph dan servis telepon, dan menyebar dengan internet juga jaringan berikutnya. Anime ini mengasumsikan bahwa Wired dapat dihubungkan dengn sebuah sistem yang dapat mengaktifkan hubungan antara manusia dan mesin tanpa sadar tanpa kontak fisik. Cerita ini memperkenalkan sebuah properti dari ladang magnetik Bumi dan secara teori memperbolehkan komunikasi jarak jauh tanpa hambatan. Jika link semacam ini terbuat, karingan ini dapat sejajar dengan dunia nyata. Garis tipis mengenai apa yang nyata dan apa yang mungkin pun semakin buram.

Eiri Masami diperkenalkan sebagai direktur proyek di Protokol 7 untuk  perusahan komputer besar, Tachibana Labs. Secara diam-diam ia memasukan kode buatannya untuk memberi kuasa pada dirinya sendiri dan menguasai Wired melalui sistem wireless. Masami kemudian mengupload kesadarannya dalam Wired dan mati di dunia nyata beberapa hari setelahnya. Detailnya diketahui di pertengahan cerita, namun pada poin ini cerita baru dimulai. Masami kemudian menjelaskan bahwa Lain adalah artefak yang dibutuhkan untuk melengkapi rencananya. Ia ingin Lain juga meninggalkan tubuhnya / mati dan masuk ke Wired. Seri ini menunjukkan usaha Masami meyakinkan Lain menggunkan janji cinta, takdir dan juga ancaman serta paksaan.

Selama itu, anime ini juga menunjukkan sebuah game sembunyi-temukan antara "Knights of the Eastern Calculus", hackers yang Masami katakan adalah "orang yang percaya bahwa ia Tuhan di Wired" dan Tachibana Labs, yang mulai mendapatkan kembali kontrol di Protokol 7. Pada akhirnya, penonton melihat Lain menyadari, setelah banyak introspeksi, bahwa ia punya kekuatan absolut melebihi perkiraan orang dan kenyataannya sendiri.

Sources : http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=166
               http://myanimelist.net/anime/339/Serial_Experiments_Lain
               http://en.wikipedia.org/wiki/Serial_Experiments_Lain

0 komentar:

Posting Komentar