Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Maid Cafe メイドカフェ (Meido kafe)

Rabu, 30 Januari 2013

Akihabara, surga bagi para otaku~ ya gak berlebihan kalau dibilang begitu ^^ Segala macam keunikannya terutama hal-hal berbau kecanggihan elektronik juga animangame yang menarik pun jadi faktornya. Belum lagi tren fashion yang lain dari yang lain...

Lansung aja deh cekidot keunikan nya lewat beberapa gambar hasil ngerampok di mbah gugel~ muahahaha~
Beberapa maid cafe yang ada di Akiba (singkatan Akihabara)
Maid cafés (メイドカフェ Meido kafe) adalah restoran yang menggabungkan dengan konsep cosplay, banyak ditemukan di Jepang. Di cafe ini, para waitresses berpakaian seperti maid dan memperlakukan para tamu sebagai tuan dan nona mereka. 
Maid Cafe pertama yang ada di Akiba adalah Cure Maid Cafe sekitar Maret 2001. Kemudian kepopulerannya membuat akhirnya makin banyak maid cafe bermunculan di sana.
Ternyata tidak hanya di Jepang, tapi maid cafe ini sudah menginvasi China, Korea Selatan, Taiwan, Hongaria, Republik Ceko, Prancis, Mexico, Kanada dan Amerika Serikat.
Kostum maid berbeda dari tiap cafe, namun kebanyakan berdasar kostum maid Prancis, sebuah dress, rok, semacam celemek dan aksesoris rambut yang sesuai seperti dasi atau bando berumbai. Terkadang pekerja mengenakan bando telinga kelinci atau kucing dengan pakaian mereka agar makin menarik perhatian.



Kadang Maid-Cafe mengadakan event-event dan mengundang orang dengan memberikan selebaran seperti gambar di bawah ini nih.

Kalau yang ini, salah satu anime bertema maid, Kaichou wa Maid-sama.

Kebanyakan waitresses di maid cafe dipilih berdasarkan penampilan mereka, muda, menarik dan wanita yang tampak innocent. Salah satu staff/maid yang ada di sebuah maid cafe terkenal di Akihabara *v* cutee~


Beberapa maid cafe juga punya crossdresser sebagai maidnya! >.<


Tadinya maid cafe terbentuk untuk memberi kepuasan bagi para otaku pria, fans berat animangames karena karakter maid adalah salah satu karakter yang sering difavoritkan dan digemari di banyak animanga. Hal penting yang menarik otaku dari maid cafe Jepang adalah konsep moe. Moe dimaksudkan untuk mengagumi karakter wanita yang muda dan innocent. Sekarang ini, fenomena maid cafe tidak hanya menarik para otaku pria, namun juga pasangan, turis, dan wanita.

Kebanyakan menu yang tersedia di maid cafe tidak begitu berbeda dari menu cafe biasanya. Tamu dapat memesan kopi, cemilan dan berbagai desserts. Namun di maid cafe, waitresses biasanya akan menghias pesanan tamu dengan tanda imut di mejanya. Sirup bisa digunakan menghias desserts, dan saus pada omelette rice (オムライス Omu-raisu). Servis semacam ini tidak hanya memperlihatkan  image innocent namun juga maid yang perhatian.

オムライス Omu-raisu
Nah yang ini desserts di beberapa maid cafe :




Ada banyak kebiasaan dan servis yang ditawarkan di maid cafe. Maids menyambut tamu dengan "Welcome home, Master (Mistress)" (お帰りなさいませ、ご主人様! Okaerinasaimase, goshujinsama) dan menawarkan handuk kecil juga menu. Maids juga biasanya berlutut saat mengaduk krim dan gula pada kopi tamunya, beberapa cafe bahkan menawarkan servis untuk menyuapi tamu. Tamu juga kadang dapat membayar ekstra untuk dapat bermain kartu atau video games dengan maids.


Tamu juga diharapkan untuk mengikuti peraturan di maid cafe. Salah satu maid cafe di Tokyo mempublikasikan 10 aturan yang harus ditaati oleh para tamu saat berada disana. Contohnya, tamu tidak boleh menyentuh tubuh maid, menanyakan kontak pribadi maid, ataupun mengikuti maid (stalking). Satu lagi aturan yang biasanya berlaku, dilarang memotret para maid dan interior cafe. Namun, tamu punya pilihan untuk membayar ekstra agar dapat berfoto bersama dengan seorang maid. Kemudian maid akan menghias foto yang akan diberikan pada tamu ^^



Nah kira-kira gitu deh keadaan di Maid cafe~<3 Anyway kalau ada yang salah infonya, mohon maaf yah (_ _)"

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Maid_caf%C3%A9

0 komentar:

Poskan Komentar