Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Amanojaku

Sabtu, 24 Desember 2011


Amano-jaku atau Amanjaku (天邪鬼 roh iblis langit/surgawi) adalah makhluk berbentuk mirip setan dalam Cerita Rakyat Jepang. Amanojaku biasanya digambarkan sebagai sejenis setan kecil, dan disebut-sebut dapat memprovokasi ambisi tergelap seseorang dan kemudian membuat orang itu berkecenderungan melakukan hal-hal yang jahat.

Salah satu penampilan Amanojaku yang sangat terkenal adalah dalam dongeng Urikohime (瓜子姫 Putri melon - Melon Princess), yang menceritakan tentang seorang gadis yang lahir secara ajaib dari Melon yang dipungut oleh pasangan pasangan kakek dan nenek. Mereka melindungi anak tersebut dari dunia luar dengan tidak membiarkannya keluar rumah. Gadis itu dengan polosnya membiarkan Amanojaku masuk ke dalam rumahnya pada suatu hari, yang kemudian menculiknya atau memakannya. Amanojaku tersebut seringkali menyerupakan dirinya menjadi gadis itu dengan memakai kulitnya.

Amanojaku dalam agama

Amanojaku umumnya dianggap diturunkan dari Amanosagume (天探女), dewa licik dalam mitologi Shinto, yang memiliki sifat yang sama dengan Amanojaku dan kemampuan untuk melihat isi hati orang. "Iblis yang sangat jahil".

Makhluk ini juga ada dalam ajaran ini, kemungkinan melalui sinkretisme dengan yaksha, yang disebut sebagai lawan ajaran Buddha. Makhluk ini umumnya digambarkan sedang dihukum dan dibimbing menuju kebaikan oleh Bishamonten atau salah satu dari Shitennō yang lain. Dalam konteks ini, makhluk ini juga sering disebut jaki.

Source : http://dr-agna.livejournal.com/4497.html

0 komentar:

Posting Komentar