Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Captain Tsubasa

Selasa, 19 Februari 2013


Alternative title:
Campeones: Oliver y Benji (Spanish)
Capitão Falcão (Portuguese)
Captain Hawk (Polish)
Captain Majid (Arabic)
Che campioni Holly e Benji (Italian)
Die tollen Fußballstars (German)
Flash Kicker
Holly & Benji: I 2 Fuoriclasse (Italian)
Kapitan Jastrząb (Polish)
Los Super Campeones (Spanish)
Olive et Tom (French)
Olive et Tom , Champions de Foot (French)
SUBASA (Vietnamese)
Super Campeões (Portuguese)
Super Campeones (Spanish)
Super Campeones: El Original (Spanish)
الكابتن ماجد (Arabic)
キャプテン翼 (Japanese)
Genres: action, tournament
Themes: soccer, sports

Type: TV
Episodes: 128
Status: Finished Airing
Aired: Oct 13, 1983 to Mar 27, 1986
Producers: Tsuchida Productions, Studio Jack
Genres: Action, Shounen, Sports
Duration: 21 min. per episode
Rating: PG - Children

 Opening Theme:
"Moete Hero" by Hiroyuki Okita
#2: "Moete Hero (燃えてヒーロー)" by Takayuki Takemoto (eps 88-128)
Ending Theme:
"Fuyu no Lion (冬のライオン; Lion of Winter)" by Hiroyuki Okita
#2: "Tsubasa yo Hashire! (翼よ走れ!)" by Captain Tsubasa Ouendan (eps 50-110)
#3: "Asu ni Mukatte Shoot (明日に向かってシュート)" by Youko Ogai (eps 111-128)


Captain Tsubasa (キャプテン翼 Kyaputen Tsubasa) juga dikenal dengan Flash Kicker atau Captain Majid di Arab adalah sebuah manga,anime,dan video game panjang dan populer, aslinya dibuat oleh  Yōichi Takahashi pada 1981. Seri ini kebanyakan seputar olah raga sepak bola.

Cerita nya berfokus pada petualangan dari sebuah tim sepak bola muda Jepang dan kaptennya, Tsubasa Oozora (大空 翼 Ōzora Tsubasa). Plotnya fokus pada hubungan Tsubasa dengan teman-teman, lawan, latiihan, kompetisi, dan ketegangan dari tiap pertandingan sepak bola.

Seri manga nya diserialkan di Weekly Shonen Jump antara 1981-1988 dengan total 37 tankobon. Kemudian dilanjutkan dengan Captain Tsubasa: "World Youth" Saga diserialkan antara 1994-1997 di Shonen Jump, total 18 volumes dan sequel lainnya, Captain Tsubasa: Road to 2002 yang diserialkan antara 2001-2004 di Weekly Young Jump dengan 15 volumes. Lalu sequel terbaru adalah Captain Tsubasa: Kaigai Gekito Hen En La Liga di Weekly Young Jump sejak 2010-2012.

Cerita asli Captain Tsubasa diadaptasi menjadi anime series diproduksi oleh Tsuchida Production yang ditayangkan di Jepang antara 10 Oktober 1983-27 Maret 1986. Seri pertama hanya berisi 25 volumes pertama. Segera setelah itu, ada 4 movie dibuat antara 1985-1986, melanjutkan storyline original. Tahun 1989,anime series baru berjudul Shin Captain Tsubasa diproduksi oleh Shueisha dan CBS Sony Group dengan 13 OVA. Seri ini menceritakan tentang volume 25-36. Kemudian dilanjutkan dengan sequel berjudul Captain Tsubasa J diproduksi Studio Comet, aired 21 Oktober 1994--22 Desember 1995 dengan 47 episodes. Begitu pula dengan OVA Series Captain Tsubasa: Holland Youth dipublikasi 1994. Lanjut lagi ke sequel ke3, Captain Tsubasa: Road to Dream/Captain Tsubasa-Road to 2002 oleh Group TAC dan Madhouse Studios, aired 7 Oktober 2001-6 Oktober 2002.

Semua versi dari Captain Tsubasa sudah ditayangkan melalui Animax. Dalam polling yang diadakan TV Asahi tahun 2005, Captain Tsubasa anime menempati posisi 41 dari Top 100 Anime Series.

Sinopsis :
Tsubasa Ozora adalah pelajar SD Jepang yang benar-benar jatuh cinta pada sepak bola dan bermimpi suatu hari nanti dapat memenangkan FIFA World Cup untuk Jepang. Dia tinggal bersama ibunya di Jepang, sementara ayahnya adalah kapten kapal yang berlayar ke seluruh dunia.

Tsubasa Ozora dikenal dengan sebutan Soccer no Moshigo/heaven-sent child of football. Ketika baru berusia satu tahun, Tsubasa hampir ditabrak bus karena bermain dengan bola. Tsubasa selalu mengatakan bahwa bola adalah temannya. Sejak kecil ia selalu bersama dengan bola. Hingga ibunya menyimpulkan bahwa Tsubasa terlahir hanya untuk bermain bola. Di umurnya yang masih muda, Tsubasa memiliki kecepatan,stamina,kemampuan mengocek bola dan menembakkan bola yang luar biasa hingga membuat kagum siapa saja yang melihatnya bermain.

Di awal cerita Tsubasa dan ibunya pindah ke kota Nankatsu, sebuah kota yang terkenal dengan tim sepak bola tingkat SD yang berbakat, dimana ia bertemu dengan Ishizaki Ryo, murid SD pecinta sepak bola yang sering kabur dari tempat pemandian umum milik ibunya demi bermain sepak bola, Nakazawa Kanae (dikenal dengan Anego), istri masa depannya, seorang gadis muda yang antusias dan juga mencintai sepak bola, membantu memberi semangat pada tim Nankatsu. Kemudian bertemu dengan Wakabayashi Genzo, seorang keeper muda berbakat yang menjadi lawannya dalam Festival OlahRaga Nankatsu. Tsubasa juga bertemu dengan Roberto Hongo, salah satu pemain sepak bola terbaik Brazil, yang merupakan teman dari ayah Tsubasa, ia tiba di Jepang dan mulai hidup bersama dengan Tsubasa dan ibunya. Roberto menjadi pelatih Tsubasa dan membantunya meningkatkan kemampuan sepak bolanya, mendorongnya untuk bergabung di SD Nankatsu juga tim sepak bolanya, yang dia latih setelah ia menurunkan tekniknya pada Tsubasa.

Tsubasa bertemu dengan Taro Misaki, yang berpindah-pindah karena pekerjaan ayahnya dan kemudian bergabung di Nankatsu. Keduanya menjadi teman baik baik dalam sepak bola maupun kehidupan pribadinya, membentuk sebuah ikatan kerja sama yang dikenal dengan "Golden Duo" atau "dynamic duo" dari Nankatsu. Dengan cepat, Tsubasa dan teman setim Nankatsunya masuk dalam SD dengan tim sepak bola terbaik, bertemu dengan banyak pemain berbakat seperti Kojiro Hyuga, Ken Wakashimazu, Jun Misugi, Hikaru Matsuyama, dan banyak lainnya. Tim Nankatsu berhasil memenangkan berbagai kejuaraan nasional dan memenangkan kejuaraan dunia U-17 untuk Jepang, sebelum akhirnya Tsubasa meninggalkan Jepang dan bermain di Brazil.


Sources : http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=916
               http://myanimelist.net/anime/2116/Captain_Tsubasa
               http://en.wikipedia.org/wiki/Captain_Tsubasa

0 komentar:

Posting Komentar