Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Mobile Suit Gundam SEED

Senin, 21 Mei 2012


Alternative title:
Gundam Seed
Kidō Senshi Gundam Seed (Japanese)
機動戦士ガンダムSEED <シード> (Japanese)
機動戰士鋼彈SEED (Chinese (Taiwan))
Genres: action, drama, psychological, science fiction
Themes: genetic enhancement, mecha, military, real robot, space, space colonies, tragedy, war
find similar anime based on genres & themes

Type: TV
Episodes: 50
Status: Finished Airing
Aired: Oct 5, 2002 to Sep 27, 2003
Producers: Sunrise, Asatsu DK, Mainichi Broadcasting, Bandai EntertainmentL
Duration: 24 min. per episode
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Opening Theme:
#1: "Invoke" by T.M. Revolution (eps 1-13)
#2: "Moment" by Vivian or Kazuma (eps 14-26)
#3: "Believe" by Nami Tamaki (eps 27-40)
#4: "Realize" by Nami Tamaki (eps 41-50)
Ending Theme:
#1: "Anna ni Isshodattanoni" (あんなに一緒だったのに; Even Though We Were Together So Much) by See-Saw (eps 1-26)
#2: "River" by Tatuya Ishii (eps 27-39)
#3: "Find The Way" by Mika Nakashima (eps 40-50)
Insert song:
"Akatsuki no Kuruma" (暁の車) by FictionJunction YUUKA (eps 24,32,40)
"Meteor" (Meteor-ミーティア-) by T.M.Revolution (eps 26,29,35,47)
"Mizu no Akashi" (水の証) by Rie Tanaka (eps 36,41)
"Shizukana Yoru ni" (静かな夜に) by Rie Tanaka (eps 7-9,14)

Mobile Suit Gundam SEED (機動戦士ガンダムSEED (シード) Kidō Senshi Gandamu Shīdo) adalah sebuah anime series oleh Sunrise diarahkan oleh Mitsuo Fukuda. Seperti seri Gundam lainnya, Gundam SEED ini mengambil tempat di waktu paralel, Cosmic Era. Ceritanya seputar seorang Coordinator muda bernama Kira Yamato yang terlibat dengan perang antar dua ras setelah bagian netral diinvasi oleh Coordinator.

Anime yang berjumlah 50 episode ini dibuat Bandai Visual dan Sunrise Inc. dan ditayangkan di Jepang sejak tahun 2002 di MBS, TBS, dan Animax, sementara di Indonesia, ditayangkan oleh Indosiar pada sekitar tahun 2004-an mulai tanggal 4 September 2004 hingga 13 Agustus 2005, dan diputar lagi pada stasiun televisi yang sama pada hari Minggu jam 6:00, dimulai pada tanggal 11 Juni 2006 hingga selesai pada hari minggu tanggal 20 Mei 2007. Pada 2011, MNCTV juga menayangkan ulang Gundam SEED.

Seri ini juga melahirkan 3 film kompilasi dan diadaptasi menjadi manga juga banyak light novel. Sebuah seri sequel, Mobile Suit Gundam SEED Destiny mengikuti jejaknya di 2004. Banyak macam marchendise yang dirilis, seperti model, soundtrack CD dan video games. Gundam SEED dilisensi oleh Bandai Entertainment di Amerika Utara dan mulai airing di US juga Kanada sejak 2004 - 2005. Baik film juga sequelnya pun sama. Ada pula spin-off dari Gundam SEED yaitu Mobile Suit Gundam SEED Astray.

Gundam SEED sangat terkenal di Jepang, memenangkan banyak penghargaan, juga mempunyai penjualan DVD dan musik yang tinggi. Perkembangan karakter dan animasinya mendapat pujian, namun kesamaannya dengan Gundam series sebelumnya mengundang kritik dari beberapa fans Gundam.

Alur cerita Gundam SEED adalah alur cerita yang sebenarnya cukup sederhana, tapi karena banyak karakter yang terlibat, menjadi cukup rumit untuk diikuti. Cerita dimulai pada tahun Cosmic Era 70, di saat perang antara pihak Bumi (Earth Alliance/OMNI Enforcer) dengan PLANT (ZAFT) memuncak akibat serangan yang dilakukan pasukan Bumi terhadap sebuah PLANT, Junius Seven dengan menggunakan misil berhulu ledak nuklir. Bumi merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan tanpa modifikasi genetika, yang disebut dengan Natural, sementara PLANT merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan dengan modifikasi genetika, yang disebut dengan Coordinator. Sehingga, sebenarnya perang yang disebut sebagai Bloody Valentine War (Chi no Valentine/Perang Valentine Berdarah Pertama) ini adalah perang antara Natural dengan Coordinator.

Seperti halnya serial Gundam lainnya, terdapat beberapa robot yang menjadi "karakter utama" (selain tentunya manusia), yang dapat dipiloti oleh manusia (Natural ataupun Coordinator dapat mengendarainya), yang disebut sebagai Mobile Suit. Pihak ZAFT (organisasi militer koloni luar angkasa/PLANT), yang terdiri atas orang-orang yang memiliki gen yang dimodifikasi sehingga memiliki otak yang lebih cerdas, fisik yang lebih kuat, serta tidak memiliki penyakit bawaan, memiliki banyak mobile suit. Sementara, pasukan Bumi hanya memiliki pesawat tempur saja, yang disebut sebagai Mobile Armor.

Cerita diawali dengan pencurian beberapa prototipe dari mobile suit yang dikembangkan oleh prajurit Bumi oleh pasukan ZAFT, yang secara diam-diam dilakukan di dalam sebuah koloni luar angkasa yang dimiliki oleh negara netral Orb, Heliopolis. Heliopolis memiliki sebuah pabrik yang disebut dengan Morganraete Inc., yang mampu memproduksi banyak perangkat tempur serta perangkat berat, meski tidak digunakan untuk bertempur. Mobile Suit yang diproduksi oleh pasukan Bumi itu, disebut juga dengan G-Armament: G, singkatan dari Genesis atau juga dapat berarti Genocide, karena memang semua mobile suit (berjumlah 5 buah prototipe) tersebut dimulai dengan kode G, yakni GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X105 Strike Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, serta GAT-X303 Aegis Gundam. Semua prototipe mobile suit tersebut menggunakan sistem operasi yang disebut dengan "General Unilateral Neuro-Link Dispersive Autonomic Maneuver Synthesis System", yang oleh karakter utama dalam cerita ini (Kira Yamato), disingkat menjadi Gundam. Fisik mobile suit memang telah jadi dan sempurna, tapi tidak dengan sistem operasinya yang masih dalam tahap pengembangan. Dari sinilah cerita bermula.

Karakter :

Kira Yamato (pilot GAT-X105 Strike Gundam, pilot ZMGF-X10A Freedom Gundam, kru Archangel)
Kira Yamato adalah seorang Coordinator pemurung dan pendiam, sejak peristiwa serangan ZAFT di Heliopolis. Baginya bertempur adalah melindungi teman, tidak peduli siapapun musuhnya. Dan bila gagal, dia akan menangis sejadi-jadinya. Awalnya, Kira yang Coordinator tidak begitu diterima di Archangel (karena memang kondisi perang antara Natural dan Coordinator tidak memungkinkan), namun kemampuannya menggunakan GAT-X105 Strike Gundam mungkin salah-satu alasan dia dibiarkan ikut dengan pesawat tempur OMNI itu. Dia bersahabat baik dengan Athrun Zala, namun menjadi musuh saat mereka bertemu sebagai pilot Aegis dan Strike. Pertengkaran semakin memanas ketika Kira tak sengaja membunuh Nicol Amalfi, sahabat Athrun sekaligus juniornya.
Ketika Strike dihancurkan oleh Aegis, dia diselamatkan oleh Lacus Clyne dan dirawat di koloni luar angkasa (PLANT) setelah dibawa oleh Pendeta Malchio. Kira memiliki hubungan khusus dengan Fllay Alster, tanpa tahu kalau dia hanya dimanfaatkan untuk membunuh semua musuhnya yang berupa Coordinator.


Murrue Ramius (kapten Archangel, Natural, membelot ke Orb)
Kapten Archangel yang sangat disiplin dan sigap dalam kondisi bahaya, namun sangat baik hati dan ramah diluar kondisi itu. Murrue lebih terlihat seperti ibu bagi kru Archangel yang mayoritas masih remaja. Murrue punya hubungan khusus dengan Mwu La Fllaga, namun hanya beberapa waktu saja hubungan mereka jelas terlihat.
Peristiwa JOSH-A telah membuka matanya, dia memutuskan bahwa Archangel akan mundur dari medan tempur dan selanjutnya bergabung dengan Orb. Agaknya ada sedikit persaingan dalam beberapa hal dengan Natarle Badrgiruel.


Mwu La Fllaga (pilot Moebius Zero Mobile Armor, pilot GAT-X105 Strike Gundam, kru Archangel, membelot ke Orb, Natural)
Komandan yang 'Easy going' dan ceria ini sudah seperti kakak senior bagi Kira, tapi lupakan kalau dia sudah ada di dalam kokpit kendaraaan tempur. Mwu memiliki kemampuan hebat yang menurut para Coordinator, terlalu hebat untuk Natural. Mwu punya hubungan khusus dengan atasannya, Murrue Ramius. Mwu mungkin adalah pembawa keceriaan bagi Murrue, yang kadang stress dalam menjalankan tugasnya.


Flay Allster (kru Archangel, menjadi kru Dominion, Natural)
Gadis penakut ini menaruh dendam pada Coordinator, karena mereka menyerang kapal sipil yang menyebabkan ayahnya, George Allster, tewas. Awalnya, baginya Kira hanya 'mainan' atau bodyguard baginya. Namun seiring berjalannya waktu, dia malah semakin terikat dengan Kira.
Mantan pacar Sai Argyle ini sebenarnya hanya takut, takut akan kematian. Dia selalu merindukan orang yang bisa melindunginya, salah-satunya mungkin Kira. Pada akhirnya, dia bisa membulatkan tekadnya sendiri sebelum saat kematiannya.


Natarle Badgiruel (wakil kapten Archangel, menjadi kapten Dominion, Natural)
Wakil kapten Archangel ini kadang malah terlihat lebih tegas dan keras dibanding Murrue sendiri, tak peduli hal itu salah secara nurani, dia tetap menjalankan tugas yang diembannya.
Setelah Archangel dikabarkan hilang dalam peristiwa penghancuran pangkalan militer JOSH-A di Alaska, Natarle berangkat bersama Multa Azrael menuju pangkalan militer di bulan dan bergabung dengan Kapal kembaran Archangel, Dominion.
Natarle terjebak dalam keputusan sulit saat menemukan Archangel adalah sekutu Orb, musuh OMNI. Dalam situasi seperti itu dia sering beradu mulut dengan Azrael yang dalam statusnya adalah atasan Natarle. Natarle agaknya cemburu dengan hubungan antara Mwu dan Murrue, namun sikapnya sendiri membuatnya sulit manunjukkan perasaannya.


Sai Argyle (kru Archangel, Warga Helopolis/Orb, Natural)
Pacar Flay Allster, agaknya ia shock saat mengetahui bahwa Flay menyukai Kira.

Sources : http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=883
               http://id.wikipedia.org/wiki/Mobile_Suit_Gundam_SEED
               http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_Suit_Gundam_SEED
               http://myanimelist.net/anime.php?id=93

0 komentar:

Posting Komentar