Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

AKB48 ( Fakta Unik & Serba Serbi AKB48 )

Selasa, 01 Mei 2012




AKB48 (singkatan dari Akihabara48) adalah grup terlaris dan terpopuler di Jepang sepanjang 2011. Total penjualan keseluruhan produk musik mereka tercatat mencapai 16,3 miliar yen (sekitar 5 persen dari total penjualan seluruh Jepang). Mereka sukses mengalahkan Arashi yang berada di urutan pertama selama dua tahun berturut-turut.

Girl band berkonsep unik
Yasushi Akimoto adalah sosok yang berada di balik AKB48. Setelah sukses memproduksi acara televisi populer seperti “Utaban” dan “Oshare-ism” serta menulis lagu, Akimoto mewujudkan idenya yang sederhana tapi unik. Yaitu, sebuah girlband yang bisa ditemui langsung setiap hari.

Grup merekrut 48 remaja putri yang umurnya berkisar dari 14 sampai 24 tahun dan dibagi dalam grup A, grup K, dan grup B dengan masing-masing grup 16 anggota. Juni tahun lalu, anggota AKB48 bahkan bertambah lagi dengang penambahan11 orang lagi mewakili grup 4. Kabarnya grup 4 ini akan ditambah lagi anggota hingga 16 orang. Dengan total 77 anggota (bersama dengan anggota cadangan yang masih berstatus “trainee”, AKB48 kini tercatat dalam Guiness World dengan rekor grup pop dengan anggota terbanyak (largest pop group).

Penampilan mereka bisa dinikmati setiap hari secara eksklusif di teater AKB, di Akihabara, Tokyo (AKB merupakan singkatan Akihabara). Lokasi ini dipilih karena strategis. Inilah pusat elektronik, komik, film anime dan games. Amat cocok dengan pencitraan AKB48.

Selain tampil di teater, AKB48 seringkali mengadakan acara jumpa penggemar yang mengejutkan, tampil dalam berbagai iklan dan acara televisi. Keberhasilan AKB48 bisa tampil di banyak iklan disebabkan oleh kedekatan grup dengan biro iklan besar Dentsu Inc. Sedangkan yang terakhir tentunya tidak lepas dari jaringan kuat yang didapat Yasushi sebelumnya sebagai salah satu produser televisi. Tahun lalu saja, ada tiga acara televisi mingguan seputar AKB, yaitu: “AKBINGO!", "Weekly AKB", dan "Naruhodo Highschool".



Bercabang
Kebanyakan grup pop membuat grup yang lebih kecil untuk menambah dinamika karier. Contoh: Sistar 19 yang merupakan unit kecil grup K-pop Sistar. Namun, AKB48 atau tepatnya Yasushi Akimoto mencoba trik lain. Ia memperlakukan AKB48 seperti sebuah produk lokal per daerah. Atau ibarat kantor cabang.

Untuk grup idola yang bisa dinikmati setiap hari di Osaka, ia menciptakan NMB48. SKE48 untuk Sakae, Nagoya, HKT48 untuk Fukuoka, SDN48 untuk lokasi yang sama dengan AKB48 tetapi manggung tiap Sabtu Malam (SDN singkatan Saturday Night, yang dikhususkan untuk penonton dewasa. Mereka dikenal dengan Adult Idol).

Proyek grup 48 pun menjadi yang paling ambisius. Tidak hanya Jepang, sang pencetus ide mulai melebarkan konsepnya keluar Jepang. Dan yang mendapat kehormatan pertama bukan secara kebetulan adalah Jakarta. Hingga kini, JKT48 sudah punya 28 anggota terpilih. Di tahun 2012 ini akan lahir juga TPE48 atau Taipei48, mewakili Taiwan. Dan rencana mendatang akan meluas hingga Cina, Vietnam dan Thailand.

Fantasi Pria Dewasa
Hal lain yang membuat AKB48 menjadi sangat populer adalah target penikmat mereka yang begitu luas. Dengan banyaknya anggota, aktivitas setiap anggota di berbagai bidang (musik, teater, iklan, drama atau iklan) serta siapa yang menjadi idola tiap orang pun menjadi sangat bervariasi.

Biasanya penggemar remaja perempuan mengidolakan AKB48 karena ingin kelak seperti mereka dan menaruh minat besar pada pakaian yang digunakan di setiap penampilan. Sementara itu, lirik lagu AKB48 (yang sering mengundang ke arah seksualitas dan mendapat kritikan) membuat mereka populer di  kalangan pria. Di mata pria remaja, citra yang ditampilkan lewat rok mini dan seragam sekolah ini memberi kesan menggemaskan.

Di kalangan pria dewasa, tak terelakkan lagi, AKB48 merupakan wujud berbagai fantasi untuk melepaskan kejenuhan mereka sehari-hari. Termasuk sosok Lolita seperti dalam novel Lolita karya pengarang Rusia Vladimir Nabokov.

AKB48 Grup Idol Berbasis Teater

Tidak seperti kelompok Idol lain di Jepang, Berdasarkan konsep “idola yang dapat Anda jumpai setiap hari”, nilai jual dari AKB48 adalah ketika para penggemar dapat saling berbagi serunya mengikuti proses idola favorit mereka menjadi seorang bintang. Mereka memiliki teater eksklusif  AKB48 Theater (AKB Gekijō) di Akihabara, Tokyo dan tampil di sana hampir setiap harinya. Para anggota dipilih melalui audisi di seluruh Jepang (di berbagai daerah). Menurut para anggota AKB, teater adalah tempat sakral. Ada juga yang bilang teater itu sebagai rumah kedua mereka. Karena bagaimanapun AKB48 berawal dari teater ini. Disinilah tempat mereka pertama kali mengumpulkan fans sedikit demi sedikit. Dan di sini juga tempat mereka dilatih untuk tampil berinteraksi dengan fans.

AKB48 Memegang Guiness World Record

AKB48 saat ini memegang Guinness World Records untuk menjadi “Kelompok Pop dengan jumlah anggota terbesar”.  Buat yang belum mengenal AKB48 pasti tercengang melihat jumlah personil yang begitu banyak, dengan jumlah anggota sebanyak 48 yang berisikan gadis-gadis cantik dan menggemaskan. AKB48 dibagi menjadi tiga tim: Tim A, Tim K dan Tim B. Saat ini, ada 16 anggota di Tim A, 16 anggota Tim K, dan 16 anggota di Tim B,  total ada 48 anggota AKB48. Minami Takahashi adalah kapten Tim A, Sayaka Akimoto adalah kapten Tim K, dan Yuki Kashiwagi adalah kapten Tim B. AKB48 merupakan grup idol paling besar di dunia, dan hanya ada di Jepang.

Single AKB48 Cetak Rekor Uricorn

Karier girlband beranggotakan 48 personil, AKB48, semakin melesat. Baru-baru ini, tangga lagu Jepang Oricon mengumumkan jumlah resmi hasil penjualan mingguan “Sakura no Ki ni Narou”. Single ke-20 ini mencatat rekor penjualan sebesar 942.000 copy hanya di hari pertama peluncurannya. Pencapaian ini resmi menempati posisi ke-6 dalam penjualan minggu pertama yang tertinggi sepanjang sejarah. Di umurnya yang baru 6 tahun, AKB48 telah 7 kali lalu-lalang di list lagu yang disusun oleh Oricon sejak Januari 1968 ini. Prestasi ini membuat AKB48 ditetapkan sebagai girlband kedua yang sanggup menempatkan 7 single sekaligus dalam daftar album terlaris di minggu pertama penjualannya. Girlband pertama yang mencetak rekor ialah Pink Lady di tahun 1978.

AKB48 dan Serial Anime Mereka “AKB0048″.

Grup idola populer AKB48 akan mendapatkan serial anime pertama mereka di musim semi berikutnya. Pada saat itu, sebuah sumber telah mengkonfirmasikan bahwa seri anime ini diberi nama  “AKB0048″. Bercerita tentang  Pada awal abad ke-21, sebuah perang dunia pecah melalui teknologi antarplanet perjalanan. Setelah kerusakan yang signifikan pada ekosistem, manusia dengan kekuatan diri mereka sendiri keluar dari Bumi, yang dimulai Kalender Bintang 00. Tak lama setelah itu, hiburan dan musik menjadi sangat diatur karena kekuasaan itu untuk hati orang-orang korup. Satu demi satu, Idola menghilang, dan akhirnya punah. Namun, ada satu grup idola dengan nama yang telah bereinkarnasi AKB0048 selama waktu itu. Mereka bangkit sebagai “Idola ilegal” oleh mewarisi cahaya dan semangat AKB48 legendaris.

Salah satu Bintang Baru AKB48 Eguchi Aimi Hasil Karya Computer Generate

Ada yang menarik dari anggota AKB48. Beberapa waktu yang lalu WPB (Weekly Playboy) menampilkan bintang baru dalam AKB48 yang diberi nama Eguchi Aimi. Dalam edisi tersebut, WPB memberikan banyak gelar bagi Eguchi Aimi, yaitu Ultimate Beautiful Girl, Ultimate Talented Girl, Ultimate Great Attack, dan Ultimate Fairy Tale Story. Namun sayangnya Eguchi Aimi bukanlah manusia sebenarnya. Ia adalah sebuah hasil karya Computer-Generated Image. businessinsider.com melaporkan seperti 47 orang lainnya anggota AKB48, Aimi memiliki segalanya. Aimi merupakan perwujudan dari seorang idola pop. Ia memiliki suara yang merdu, rambut yang sempurna, kulit yang halus dan terang bercahaya. Hal ini diwujudkannya dengan tampil di majalah WPB dan mengiklankan sebuah produk permen merek Glico’s Ice No Mi. Produk Glico yang memakai tokoh Aimi untuk iklan produk mereka membenarkan hal ini. Sebelumnya band AKB48 dan Glico berusaha agar Aimi benar-benar diyakini ada, namun penggemar fanatik AKB48 melihat banyak kemiripan Aimi dengan anggota AKB48 lainnya. Kemunculan Eguchi Aimi sebagai idola baru band AKB48 juga menjadi perdebatan di internet.


Berikut 30 FAKTA LUCU dari AKB48

1. Di ujian akhir, Shiori Nakamata bisa meraih nilai yang lebih tinggi dari kalian semua karena dia gadis yang pintar
2. Ami Maeda pernah ingin menutupi alisnya tapi nggak boleh sama manajemennya soalnya kalau dia ngelakuin itu nggak bakal ada yang ngenalin dia.
3. Karena dia keturunan Rusia, jadi gaya dance favorite Anna Murashige itu... gaya jongkok trus nendangin kaki keluar.
4. Perut Sayaka Akimoto bisa mecahin berlian...WOW
5. Miichan belum pernah memposting fotonya di google soalnya dia masih berusaha untuk mengedit fotonya pake photoshop wajahnya pake tubuh orang lain..
6. Haruna Kojima dancer paling buruk di AKB48......
7. Napas Yui Yokoyama bisa matiin semua lilin di kue...
8. Miyuki Watanabe dijuluki 'Milky' soalnya dia ga punya lemak sama sekali..
9. Hidung Nacchan bisa memerah di malam natal
10. Akichan bisa masukin Labrador Retriever di dompetnya
11. Yukiko Kinoshita itu halfie alias setengah menggemaskan setengah mengagumkan.
12. Sawako Hata bisa kayak Chuck Norris
13. Mina Ohba pernah 2 kali melanggar hukum Termodinamika tapi akhirnya lolos
14. wajah Tomomi Itano itu bukan hasil oplas tapi klo dia cemberut jadi keliatan kayak oplas.
15. Miho Miyazaki belajar bahasa korea secara otodidak lewat nonton drama dan dengerin Kpop..dia bahkan bikin surat cinta buat Big Bang.
16. Sakiko Matsui bisa mainin mozart piano sonata
17. gimana pun usaha Rie Kitahara buat motong rambutnya, pasti rambutnya tumbuh dengan cepat dan panjang lagi.
18. Marina Kobayashi dapat mendengar frekuensi suara hingga 120.000 Hz, bahkan 6 kali lebih tinggi dari kisaran standar pendengaran manusia.
19. Mayu Watanabe ga tertarik sama manusia biasa. dia lebih tertarik sama cesper dan alien.
20. Yuko mengatakan kalau dia melihat wajah peri saat melihat cermin
21. ga ada seorang pun yang membenti Miichan.
22. Moeno Nito tidak takut bungee jumping karena dia memiliki kemampuan untuk melayang.
23. Minami Takahashi pernah terjebak di bawah ranjang dan ga ditemuin selama 2 hari
24. Dahi Ayaka Umeda bisa memancarkan gelombang elektromagnetik.
25. Yuko Oshima memiliki sekitar 7.000.000 kuman di tangannya, yang sebagian besar disebabkan oleh Haruna Kojima.
26. Gigi depan Asuka Kuramochi bisa mengerahkan tekanan sampai 300 PSI.
27. Acchan bisa berjalan di air
28. Miku Tanabe memiliki karakter anime di kehidupan nyatanya, dia kayak memerankan sebuah cosplay padahal itu karakter aslinya.
29. Bau kaki Rino Sashihara seperti gulungan kayu manis yang baru dipanggang.
30. Jurina ga bisa lari dengan cepat


Sources : http://www.armhando.com/2012/02/akb48-girl-band-terpopuler-di-jepang.html
               http://aichankawaii.blogspot.com/2011/12/girlband-populer-jepang-akb48-fakta.html
               http://www.uniknya.com/2012/01/04/5-fakta-menarik-tentang-girlbandgroup-idol-asal-jepang-akb48-bag-i/            

5 komentar:

Rendra mengatakan...

yuko oshima oshi aku tuh gan yg paling kawaii + kirei..

Riki Rukmana mengatakan...

klo oshi ane mayuyu sama akicha...

Anonim mengatakan...

yuko oshima,atsuko maeda,mayu watanabe <3

Odessa Zara mengatakan...

Oshi dari AKB48 : Acchan <3, Karisu, Maririn, Tomochin, Haruka ^^
Oshi dari SKE48 : Matsui Jurina, Matsui Rena

Tapi yang utama tetep Acchan meskipun udah grad- TvT

Anonim mengatakan...

OK Nyan tetep binal

Posting Komentar