Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Garudayana

Kamis, 11 April 2013


Title: Garudayana
Author : Is Yuniarto
Genre: Action Adventure
Pages: 128 BW
Release: August 2009
Publisher: m&c! Publishing


Sinopsis:


GARUDAYANA bercerita tentang petualangan Kinara seorang pencari harta karun yang pada suatu hari menemukan telur Garuda di situs kuno Lembah Para Batara. Namun ternyata situs tersebut adalah tempat persembunyian seekor Ashura Api yang sedang menantikan menetasnya telur Garuda untuk dimakan !

Halo rekan2 pecinta komik, saya Is Yuniarto, ingin memperkenalkan karya baru saya yang berjudul 'GARUDAYANA'. yang akan diterbitkan oleh penerbit m&c pada Agustus 2009. Komik ini adalah remake dari karya saya yang pada tahun 2006 mendapatkan juara 1 Lomba Ngomik Yuk Animonster.
Tujuan saya membuat komik Garudayana ini adalah ingin berbagi dengan pembaca yang lebih muda, tentang pengalaman saya pada saat saya kecil, ketika saya menikmati serunya komik wayang jadul pada tahun 80an. Dan kini saya ingin share pengalaman tentang asyiknya dunia wayang dengan gaya dan ekspresi saya dalam berkomik dengan gaya pop manga”.



Tulisan tersebut dikutip dari situs pribadi Is Yuniarto atau yang dalam komik indonesia juga dikenal sebagai VanguardZero. Ya sebuah tujuan luhur yang juga akhirnya melahirkan sebuah komik yang dapat dikatakan sebuah terobosan dalam dunia komik indonesia, sebab sejak jaman RA Kosasih yang memang sudah tersohor dengan komik wayangnya, baru kali ini kembali seorang komikus mengangkat tema wayang ke dalam komiknya dengan penggambaran yang lebih baik dan cerita yang tidak mengikuti pakem ataupun epos versi india, tapi dengan cerita yang lepas dan lebih bebas.

Untuk masalah gambar tampaknya kemampuan Is Yuniarto dkk sudah tidak perlu diragukan lagi, lihat saja hasil karya mereka dalam komik Wind Rider dan Knight of The Apocalypse, yang sudah lebih dulu terbit ke pasar!!

Nah untuk cerita ini adalah sesuatu yang menarik, sebab bahan cerita yang diangkat adalah tema wayang yang merupakan cerita yang biasanya didasarkan pada epos Ramayana atau Mahabarata yang sudah memiliki alur cerita tersendiri. Tapi Is Yuniarto dengan berani mengambil tokoh diluar pakem tersebut dan menyisipkannya dalam sebuah cerita dimana para tokoh pewayangan tersebut turut berperan didalamnya. Hal ini adalah sesuatu yang sangat baik untuk mengenalkan kembali, dan mengangkat heroisme tokoh wayang tersebut pada para anak-anak yang tampaknya sudah mulai melupakannya.

Preview komiknya :


 Review dari salah satu user gate00.net :
1 kata : MANTAP..!!
sempet kepikir ini buatan mangaka jepang
desainnya mantaf..
dari desain senjatanya (keris + crossbow bo..!) ,
desain armor & baju nya jg bagus - ga keliatan "maksa"
ekspresi wajahnya juga kelihatan natural
tp ada beberapa desain char yg gw rasa rada mirip char luar
Arjuna persis kaya Legolas (LoTR), dan Gatotkaca yg rada mirip Nobunaga Oda (Sengoku)
cuma sekilas dari ekspresi wajahnya aja sih.

 Sources : http://www.jhobook.com/2009/07/garudayana-komik-indonesia.html
                http://indonesiaindonesia.com/f/82049-garudayana/
                http://gate00.net/f/anime-manga-talk/%28manga-indonesia%29-garudayana-by-iis-yuniarto/

1 komentar:

Miliana mengatakan...

keren sekali yah artnya

cara registrasi kartu axis

Posting Komentar