Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Detective School Q

Kamis, 14 Maret 2013


 Alternative title:
Dan Detective School Q
Detective Academy Q
Detective School Q
Escuela de Detectives (Spanish)
Escuela de Detectives Q (Spanish)
偵探學園Q (Chinese (Taiwan))
探偵学園Q (Japanese)
탐정학원Q (Korean)
Genres: action, adventure, comedy, mystery
Themes: detective, police

Type: TV
Episodes: 45
Status: Finished Airing
Aired: Apr 15, 2003 to Mar 20, 2004
Producers: Studio Pierrot, Group TAC, Kodansha
Genres: Comedy, Mystery, Drama, Shounen, Police
Duration: 25 min. per episode
Rating: PG - Children

 Opening Theme:
#1: "MeiQ!? - Meikyuu - MAKE*YOU" by Hayami Kishimoto (eps 1-21)
#2: "Luvly, Merry-Go-Round" by Pipo Angels (eps 22-34)
#3: "100% Pure" by Pipo Angels (eps 35-45)
Ending Theme:
#1: "Koigokoro" by Akane Sugazaki (eps 1-11)
#2: "Nijiiro ni Hikari Umi" by Aiko Kitahara (eps 12-21)
#3: "Mienai Story" by Hayami Kishimoto (eps 22-34)
#4: "Kaze ni Mukai Aruku Youni" by Hayami Kishimoto (eps 35-45)

Detective School Q (探偵学園Q Tantei Gakuen Kyū) adalah manga series karangan Tadashi Agi dan diilustrasi oleh Fumiya Sato, diserialkan di Weekly Shonen Magazine antara 2001-2005, dengan total 22 tankobon. Pernah diterbitkan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Diadaptasi menjadi anime diproduksi oleh Pierrot, dengan 45 episode, aired di Jepang di TBS, Animax, dll, juga Indosiar di Indonesia.

Sinopsis
Detective School Q bercerita tentang sekelompok siswa muda dari kelas Q di Dan Detective School (DDS), sebuah akademi detektif terkemuka dan handal yang didirikan oleh Morihiko Dan, detektif paling terkenal di Jepang, dan petualangan mereka mengungkap misteri bersama-sama. Mereka bekerja melawan Pluto, sebuah organisasi misterius yang menciptakan masalah dan hanya detektif handal yang bisa memecahkannya. Perselisihan dengan Pluto jugalah yang menyebabkan dirinya harus duduk di kursi roda seumur hidupnya. Morihiko Dan adalah satu-satunya detektif swasta di Jepang yang memiliki lisensi untuk menggunakan senjata api.

Kelas-kelas di DDS berdasarkan hasil test masuk, A yang tertinggi, B kedua, dan berikutnya. Dimungkinkan bagi siswa untuk ditransfer ke kelas yang lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung dengan nilai akademik mereka. Namun, Kelas Q adalah spesial. Seperti namanya, Kelas Q berisi siswa Qualified (hanya dipilh beberapa) yang merupakan calon potensial sebagai pengganti Dan di masa depan. Tapi tetap, peraturan sebelumnya juga berlaku bagi kelas Q. Siapa saja dari kelasa Q bisa ditransfer ke kelas dibawahnya jika akademiknya menurun. Sebelum dibentuk kelas Q, kelas A adalah yang terbaik, namun sejak ada kelas Q, mereka jadi saingan.

Karakter Kelas Q

Kyū Renjō (連城 究 Renjō Kyu)
Seorang anak lelaki yang optimis, manis, dan ceria juga detektif yang hebar, namun masih kurang bisa bersosialisasi. Meski begitu dia dianggap sebagai ketua tim dan terkenal dengan penjelasan logika nya tentang kasus-kasus. Moto nya adalah "Seorang detektif tidak boleh menyerah atau kasus tidak akan terpecahkan." Dia punya penilaian yang baik terhadap orang-orang.

Kyu anak tunggal dari ibunya. Dia tidak mengingat ayahnya. Namun ada seorang pria yang menjadi mentor nya ketika Kyu masih kecil Ketika dia berusia 5 tahun, dia diculik dan djadikan sebagai sandera oleh beberapa penjahat namun mentor nya menyelamatkan dirinya. Padahal kenyataannya, mentor itu adalah ayahnya sendiri (Satoru Renjou, partner dan tangan kanan Morihiko Dan). Menyadari resiko besar sebagai seorang detektif, Satoru menikahi Ibu Kyu diam-diam untuk memastikan keluarganya aman. Setelah kematian Renjou, ibu Kyu menyembunyikan kenyataan dari Kyu selama bertahun-tahun, hingga akhirnya Kyu diterima di DDS, ia berubah pikiran dan mendukung anaknya. 


Megumi Minami (美南 恵 Minami Megumi)
Sering dipanggil temannya dengan sebutan "Meg" (メグ Megu), ia memiliki kemampuan unik dalam menghafal gambar (瞬間記憶 Shunkan kioku), membuatnya dapat menghafal sebuah pemandangan dengan cepat. Ini menguntungkannya bila ada suatu barang bukti yang dipindahkan atau hilang. Dalam anime, dia digambarkan sangat menyukai Kyu. Megu bersekolah di Tokyo National Talent Development Research Center bersama Yutaka Sabomaru. Dia tinggal bersama kakak perempuannya Akane, sedang orang tuanya bekerja di luar negri.


Ryū Amakusa (天草 流 Amakusa Ryū)
Ryu sangat pintar dan tampan, dan latar belakangnya entah bagaimana membuatnya tersangkut dengan organisasi  Pluto (瞑王星). Ketika orang tua nya meninggal, Pluto yang merawatnya. Saat anak-anak ia tidak diperbolehkan bersosialisasi dengan yang lain. Ryu merasa rumah justru seperti penjara baginya. Meski dia dingin, namun tetap ramah pada anggota kelas Q lainnya, dan mempunyai hubungan spesial dengan Kyu sebagai teman karena ia lah yang pertama mengerti Ryu. Ryu mengakui bahwa Kyu lebih pintar darinya walau ia cukup kekanak-kanakan. Ryu memiliki tanda Pluto di belakang lehernya yang mana terlihat di Opening video terakhir dari Detective Academy Q.


Kazuma Narusawa (鳴沢 数馬 Narusawa Kazuma)
Kazuma kaya, progammer game komputer terkenal. Dia sering membantu mencari informasi melalui laptopnya, yang selalu dibawa kemana-mana. Pertama kali mengetahui dirinya masuk kelas Q (dikiranya kelas paling bawah) dia berusaha masuk kelas A. Namun setelah temannya datang membantu saat ia kesusahan, ia pun berubah pikiran dan tetap berada di kelas Q. Kazuma sering bersaing dengan Kinta karena perbedaan mereka dalam hal detektif. Mereka juga sering bercanda. Kazuma adalah orang yang berbakat, namun tidak bisa menjawab dengan benar tanpa topi "keberuntungannya".


Kintarō Tōyama (遠山 金太郎 Tōyama Kintarō)
Kinta adalah anak dari polisi yang dihormati, namun kemudian pindah karena perselisihan keluarga. Kinta sekarang tinggal sendiri dan bekerja part-time di berbagai tempat dari satu tempat ke lainnya. Kinta adalah anggota terkuat di kelas Q, mempelajari Judo, kendo, dan karate. Kinta memiliki indera yang luar biasa, terutama pengelihatan dan penciumannya. Kinta sering mengejek cara kerja detektif Kazuma yang mengandalkan teknologi canggih, lebih bergantung pada instingnya. Kepribadian keras, dan indera yang luar biasa miliknya sangat berguna. Dia sangat kuat, dan terkadang memukul Kazuma dan Ryu. Kinta selalu mencoba mendekati gadis (selalu gagal). Sering dipanggil mesum di beberapa episode. Ambisinya adalah menyentuh seorang gadis.

Sources : http://en.wikipedia.org/wiki/Detective_School_Q
              http://id.wikipedia.org/wiki/Detective_School_Q
              http://myanimelist.net/anime/407/Tantei_Gakuen_Q
              http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=2609