Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Yakitate !! Japan

Kamis, 02 Februari 2012


Alternative title:
Amassando Ja-pão (Portuguese)
Baked Fresh!! Ja-Pan
Fresh Made Japan
Un pain c'est tout (French)
¡¡Amasando!! JA-PAN (Spanish)
Прямо из печки!! Джапан (Russian)
烘焙王 (Chinese (Taiwan))
焼きたて!!ジャぱん (Japanese)

Type: TV
Episodes: 69
Status: Finished Airing
Aired: Oct 12, 2004 to Mar 14, 2006
Producers: Sunrise, Aniplex, d-rights
Genres: Comedy, Shounen
Duration: 24 min. per episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older

Opening Theme:
#1: "Houkigumo" by RYTHEM (eps 1-29)
#2: "Promise" by TiA (eps 30-53)
#3: "Chiisana Uta" by MARIA (eps 54-68)
Ending Theme:
#1: "Sunday" by The Babystars (eps 01-12)
#2: "To All Tha Dreamers" by SOUL'd OUT (eps 13-29)
#3: "Hummingbird" by little by little (eps 30-42)
#4: "Re: START" by SURFACE (eps 43-53)
#5: "Merry Go Round" by Mai Hoshimura (eps 54-62)
#6: "Kokoro Biidama" by RYTHEM (eps 63-68)
#7: "Houkigumo" by RYTHEM (ep 69)


Yakitate!! Japan (bahasa Jepang: 焼きたて!! ジャぱん) adalah manga yang dikarang oleh Takashi Hashiguchi (橋口たかし) dan diterbitkan oleh Shogakukan dalam majalah komik mingguan Shonen Sunday. Anime-nya diproduksi oleh Sunrise sejak Oktober 2004 dan telah ditayangkan sebanyak 69 episode oleh TV Tokyo dan channel lokal Jepang lainnya secara mingguan dan selesai pada Maret 2006.

Komik tankoubon Yakitate!! Japan ke-21 telah diterbitkan di Jepang pada bulan Januari 2006. Tankoubon Yakitate!! Japan di sana diterbitkan oleh VIZ Media. Karena kepopulerannya di Jepang, di tahun 2004 Yakitate!! Japan memenangkan penghargaan Shonen manga terbaik.

Yakitate!! Japan pertama kali dipublikasikan di Indonesia melalui majalah komik bulanan Shonen Star edisi pertama yang lisensinya dipegang oleh Elexmedia Komputindo, namun sampai saat ini anime-nya belum ditayangkan.

Yakitate!! Japan menceritakan Azuma Kazuma, seorang remaja yang berkeinginan untuk membuat roti spesial buatan Jepang yang disebut Japan. Ia pergi ke Tokyo untuk menambah keahliannya dan bergabung dengan bakery terkenal di Jepang, Pantasia.

Di awal cerita, ia harus mengikuti seleksi terlebih dahulu dan bertemu dengan Kawachi Kyousuke yang usil padanya, namun ia mengundurkan diri sewaktu final ketika melawan Kai Suwabara, seorang samurai yang juga artisan roti. Tsukino Azusagawa, cucu dari Direktur Pantasia, melihat bakat Azuma dan mengajak mereka bekerja di Pantasia cabang Tokyo Selatan, yang dimilikinya dan dikelola oleh Manajernya, Ken Matsushiro.

Arti dari judul cerita ini, Yakitate!! (焼きたて!!) berarti roti yang baru saja selesai dipanggang, dan Japan, berasal dari gabungan dari Ja (atau Jya [ジャ] dalam bahasa Jepang yang merupakan singkatan dari bahasa Inggris Japan), dan Pan [ぱん] yang berarti roti yang berasal dari bahasa Portugis "pão".

Dalam bahasa Jepang, setiap roti dari negara yang berbeda diberi nama sesuai nama negaranya yang ditambah akhiran Pan [ぱん] seperti roti Perancis menjadi "Furansupan", roti rye Jerman menjadi "Doitsupan", roti Italia menjadi "Itariapan".

Azuma yang merupakan artisan roti yang berbakat, sejak kecil ia memiliki keahlian yang hanya sedikit orang yang memilikinya, yaitu Solar Hands yang diartikan Tangan Matahari.

Solar Hands adalah suatu keahlian di mana telapak tangan pemiliknya menjadi hangat sesuai suhu tubuh bagian dalamnya. Biasanya pada orang kebanyakan suhu telapak tangan sedikit lebih rendah dibandingkan suhu tubuh bagian dalam. Hal ini dikarenakan pada saat darah menyebar ke bagian tangan, darah melepaskan kalor karena terpengaruh suhu luar tubuh, namun pada pemilik Solar Hands ini darahnya memiliki suatu kekuatan untuk menjaga suhu tangannya tetap hangat.

Lalu apa hubungannya dengan pembuatan roti? Jelas ada, karena jika adonan roti yang beragi diolah pada suhu yang dingin, ragi tersebut tidak akan berkembang karena ragi tidak tahan terhadap suhu dingin. Walaupun suhu ruangan sudah cukup hangat, namun apabila tangan seorang pembuat roti terlalu dingin, maka akan sulit untuk menguleni adonan roti agar dapat mengembang dengan pas. Maka dengan Solar Hands, dan apabila ditunjang dengan suhu ruangan yang hangat maka akan dapat membantu ragi mengembangkan adonan dengan lebih cepat dari biasanya.

Walaupun Yakitate!! Japan memfokuskan ceritanya pada roti, namun banyak kejadian lucu dan menarik dari kisah ini, misalnya saja reaksi-reaksi (Reaction) para Judge (Juri) setelah memakan roti-roti yang telah dibuat. Tentu saja hal ini mengakibatkan cerita ini sangat disukai karena salah satu di antaranya reaksi-reaksinya yang sangat lucu dan terlalu melodramatik.

Roti-roti dalam Yakitate!! Japan sepertinya merupakan khayalan belaka, namun banyak di antaranya adalah buatan seorang baker rekan dari Takashi Hashiguch, Kouichi Uchimura (内村 浩一 Uchimura Kōichi) roti-roti dalam Yakitate!! Japan banyak yang merupakan kreasinya sendiri, dan ada pula yang ia buat setelah roti tersebut telah dirilis dalam manga ataupun animenya. Kouichi Uchimura memiliki bakery di Kyoto yang bernama Pan no Mimi.

Pantasia Southern Branch Store (Pantasia Cabang Tokyo Selatan)

Kazuma Azuma (東 和馬 Azuma Kazuma) Seiyuu : Yumiko Kobayashi
Artisan roti yang bercita-cita membuat Ja-pan terbaik.
Ia kelihatannya tidak pintar, namun dalam hal roti ia sangat jenius. Ia juga memiliki pengetahuan tentang beras karena kakeknya adalah seorang petani beras. Azuma memiliki Solar Hands (Sarung Tangan Matahari) yang sangat membantunya dalam membuat roti (Keterangan lebih lanjut lihat di atas). Sangat optimis dan ceria, ia sangat jarang berputus asa dalam pertandingan roti apapun, namun kadang ia mengalaminya tetapi setelah itu ia pasti dapat bangkit kembali oleh bujukan teman-temannya. Ia mendapat ilham tentang berbagai Ja-pan dari berbagai sumber, seperti dari masakan-masakan Jepang dan kakeknya yang terlalu banyak bicara yang juga seorang petani beras. Azuma juga pintar dalam mental aritmatika dalam soal yang diberikan Pierrot padanya untuk mengulur waktu.

Roti milik Azuma bernama Japan. Dia memiliki 61 percobaan Japan yang dibuatnya demi menghasilkan roti kebangsaan di Jepang. pertama kali Yakitate!! Japan dimulai, Azuma masih memiliki 55 percobaan Japan. sementara sisa 6 percobaannya didapat dari berbagai sumber, yaitu Japan #56 sampai Japan #61. 3 Japan andalan Azuma adalah Japan #44, Japan #51 Kai, Japan #56, dan Japan #61. Japan #44-nya adalah Roti Petalite Surgawi yang mampu membawa orang yang memakannya ke Surga. Sementara Japan #51 Kai adalah Japan yang didapat dari semangat Kai Suwabara dan membuatnya muncul ide membuat Roti Sport dengan Kacang Hitam, Nori, Sutra dan Belut dengan warna yang serupa tapi lebih hijau dari Japan #56-nya, Japan #56 ini adalah Black Japan, dengan bentuk Croissant berwarna Hitam yang dapat membawa orang ke sejarah Putri Kaguya. Dan Japan #61-nya adalah Taima Do-Natsu Pan atau Roti Donat Cannabis yang mampu membawa orang yang memakannya ke masa lalu. Semua Japan andalannya dibuat dengan penuh cita rasa tinggi oleh Azuma.

Kyousuke Kawachi (河内 恭介 Kawachi Kyōsuke ) Seiyuu : Shuhei Sakaguchi
Rival dan teman kerja Azuma, berasal dari Kansai.
Sebenarnya Kawachi memiliki pengalaman yang lebih dari Azuma, namun semakin berkembangnya cerita ia menjadi orang yang kelihatannya lebih bodoh dari Azuma, karena itu Kawachi sering menjadi bahan lelucon dalam manga ini. Ucapannya yang sering dilakukan adalah "Apaa???" atau "Nanyate???" dalam bahasa Jepang. Kawachi berusaha menjadi rival Azuma, namun di dalam cerita mereka berdua terlihat seperti kakak beradik. Kawachi mendapatkan "Solar Gauntlet" dibantu oleh Tsukino untuk berusaha mengimbangi Azuma dengan latihan khusus. Kawachi menjadi seorang baker untuk berusaha memenuhi impian ayahnya yang berkali-kali gagal untuk bergabung di Pantasia dan akhirnya meninggal dalam kebakaran di rumah mereka. Kawachi di dalam serial ini berganti model rambut empat kali.

Tsukino Azusagawa (梓川 月乃 Azusagawa Tsukino) Seiyuu : Chihiro Otsuka
Cucu dari pemilik Pantasia, dan ia diajar oleh Matsushiro Ken. Tsukino masih seorang pelajar SMA, namun ia sepulang sekolah selalu pergi ke Pantasia untuk menyemangati pegawai-pegawainya. Tsukino sangat baik dan rendah hati, namun saudara-saudara tirinya selalu jahat padanya. Tsukino dianggap sebagai anak terkutuk oleh saudaranya karena ia lahir dari ibu yang berbeda dengan mereka. Namun ia tidak pernah marah akan mereka berdua, walaupun abu makam ibunya pernah dibuang ke pohon mati oleh Yukino, kakak tirinya. Tsukino sangat dekat dengan pegawai-pegawainya di Pantasia cabang Tokyo selatan karena ia memiliki perhatian dengan mereka. Kawachi juga memiliki Solar Gauntlet karena bantuannya. Ia mengagumi Azuma karena kemampuan tersembunyi yang ada padanya. Tsukino menjadi direktur Pantasia setelah turnamen Monaco Cup berakhir.

Ken Matsushiro (松代 健 Matsushiro Ken) Seiyuu : Hiroki Touchi
Manajer dari Pantasia cabang Tokyo selatan.
Ken (Atau biasa dipanggil Manajer atau Mr. M di Anime) adalah orang yang tinggi kekar, berambut afro dan berkacamata hitam. Ia jago dalam membuat roti Perancis yang artistik, mudah dikonsumsi, dan tidak menimbulkan alergi pada orang yang tidak kuat memakan mentega susu sapi. Dulu ia adalah teman seperjuangan dengan Meister Kirisaki dan Mokoyama, dan juga guru dari Kuroyanagi. Namun setelah ia menemukan bakat terpendam Kuroyanagi sebagai kritikus makanan, ia marah pada Kuroyanagi yang memilih jalan yang salah dan tidak mengizinkannya untuk menjadi muridnya lagi. Manajer sangat suka menggoda Kawachi untuk memberinya ide membuat roti, dan sering membuat Kawachi melamun dan memikirkannya.
Manajer akhirnya juga mendapatkan jalannya yang benar, yaitu sebagai pemimpin bos mafia menggantikan Kanmuri dan saudaranya Tsutsumi yang mengambil jalannya sebagai artisan roti.

Shigeru Kanmuri (茂冠 Kanmuri Shigeru) Seiyuu : Marina Inoue
Adik kelas Kuroyanagi dan pembuat roti berbakat di Pantasia.
Kanmuri adalah seorang pembuat roti berbakat di Pantasia. Sebelum ia bekerja di Pantasia cabang Tokyo selatan bekerja pada kakak "iblis" Tsukino, Yukino Azusagawa. Pertama kali ditemui Azuma di pertandingan pegawai baru di semifinal. Kanmuri memiliki Solar Hands seperti Azuma dan sangat jenius karena telah lulus dari Harvard setelah Kuroyanagi di umur 16 tahun. Ia juga adalah adik kelas Kuroyanagi yang suka memanggilnya "Senpai". Ia menyerahkan predikatnya untuk mengikuti Monaco Cup pada Kawachi untuk menjaga toko dan mengatur strategi mendapatkan 10.000.000.000 Yen, dan kembali bergabung dengan Kawachi dan Azuma dalam mengikuti turnamen Yakitate!! 25 (Dalam anime Yakitate!! 9).
Kanmuri merupakan salah satu dari dua orang yang dicalonkan menjadi pimpinan Yakuza di Hashiguchi Company (Organisasi gangster terkuat di Jepang). Walaupun ia hanya ingin menjadi pembuat roti, namun muncul masalah karena kakaknya yang calon penerus yakuza pula, Tsutsumi Masanobu tidak mau menerima posisi sebagai pemimpin yakuza dan memilih untuk tetap menjadi koki.

Kageto Kinoshita (木下陰人 Kinoshita Kageto)
Kinoshita juga baker di Pantasia cabang Tokyo selatan. Kinoshita biasanya selalu bekerja sendirian di toko sedangkan yang lain mengikuti kejuaraan roti. Ia suka pada Tsukino sehingga ia memutuskan bekerja di cabang yang sama dengan Tsukino. Kinoshita memiliki rambut yang membuat kepalanya terlihat seperti jamur. Hal ini yang hanya diingat teman-temannya sehingga teman-temannya sering memanggilnya "Rambut jamur" yang membuatnya marah.
Kinoshita memiliki kemampuan yang unik, yaitu ia dapat memperbanyak dirinya sendiri sehingga mencapai dua puluh untuk memudahkannya bekerja. Ia juga memiliki kemampuan untuk mengopi roti-roti teman-temannya yang ada pada saat pertandingan walaupun tidak diajarkan padanya.

Pantasia Central Chain Store (Pantasia Bakery Pusat)

Ryo Kuroyanagi (黒柳亮 Kuroyanagi Ryō)
Manajer dari Pantasia pusat, Seorang baker dan juri makanan ahli. Kuroyanagi sebelumnya berkuliah di Harvard sebelum Kanmuri, dan ia lulus dalam umurnya yang masih 19 tahun di bidang sains makanan. Ia sebelumnya sangat malu untuk menjadi juri makanan, apalagi sewaktu ia menjadi murid Ken (Manajer) ia langsung diusir, namun setelah Monaco Cup ia diberi kesempatan oleh Yūichi Kirisaki (Direktur St. Pierre) untuk menjadi juri dalam acara Yakitate!! 25 (Yakitate!! 9) ia berubah menjadi seorang judge (juri) yang tidak memikirkan nyawanya walaupun setelah makan suatu yang lezat ia pasti meninggal.

Kai Suwabara (諏訪原戒 Suwabara Kai)
Suwabara selalu memakai bandana birunya dan selalu membawa pedang samurainya. Suwabara juga berbakat yang ikut serta dalam ujian masuk Pantasia pusat, ia pernah dibuat malu oleh Azuma karena ia meragukan croissant yang dibuatnya bersama Kawachi. Sebenarnya ia kalah pada mereka berdua, namun karena Azuma yang kasihan pada Kawachi sehingga ia mengundurkan diri, dan Kawachi yang juga mengundurkan diri, maka akhirnya Suwabara menang karena dua lawannya pergi, namun ia masih merasa dendam akan mereka berdua dan bertekad untuk mengalahkan Azuma dan Kawachi pada pertandingan pegawai baru Pantasia.
Suwabara yang seri dengan Kawachi di pertandingan perebutan juara 3 mengikuti pelajaran ke Perancis bersama Azuma dan Kawachi, dan mereka berhasil saling membantu hingga ke final, namun ia kalah dengan Monica Adenauer, salah seorang wakil dari St. Pierre dan juga perwakilan dari Amerika. Namun pada akhir Monaco Cup mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih dan kemudian bertanding dengan Azuma, Kawachi, dan Kanmuri pada turnamen Yakitate!! 25 dan Yakitate!! 9.

Meister Silvan Kirisaki (霧崎・メイスタ・ーシルバン Kirisaki Meisutā Siruban)
Meister Kirisaki adalah anak dari Yūichi Kirisaki, pemilik St. Pierre, namun adik perempuannya Sophie Balzac Kirisaki, sangat membenci ayahnya, karena ayahnya pergi ke Jepang dan meninggalkan mereka bersama ibunya di Perancis tanpa ada kabar berita. Beberapa bulan setelah mereka ditinggalkan ibu mereka meninggal dan mereka ditinggali sebuah bakery di Paris. Beberapa bulan kemudian, Yūichi Kirisaki kembali ke Paris dan datang pada mereka dengan membawa banyak roti di hadapan mereka yang sangat kelaparan. Yūichi menanyakan pada mereka pada siapa ia harus memberi roti yang baru dibuatnya itu pertama kali, Sophie sangat gembira dan menjawab untuk mereka, namun Yūichi menjawab, "Untuk diriku sendiri!" dan pergi. Karena itulah mereka marah dan membenci ayahnya.
Meister Kirisaki yang pintar kemudian melanjutkan usaha ibunya dan mulai berjualan di pinggir jalan, namun tidak ada yang mau membelinya, akhirnya ia mulai menggunakan sulap untuk menarik pengunjung, akhirnya bakery mereka dapat buka di toko mereka sendiri setelah uang mulai terkumpul. Akhirnya setelah bakery mereka mulai didatangi orang ia pergi ke Jepang dan bekerja di Pantasia karena ajakan kakek Azusagawa. Di Pantasia ia bertemu dengan Matsushiro Ken dan mereka berteman baik, dan ia menceritakan seluruh mesalahnya pada Ken. Meister menggunakan topeng titanium untuk menutupi wajahnya karena tidak ingin mengingat masa lalunya. Meister kemudian membuat Pantasia menjadi bakery terbesar di Jepang dan menjadi GM Chain Pantasia mengalahkan St. Pierre.
Meister akhirnya pada turnamen Yakitate!! 25/Yakitate!! 9 menjadi lawan Azuma, Kanmuri, dan Kawachi di akhir turnamen.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Yakitate!!_Japan
             http://myanimelist.net/anime.php?id=28
             http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=4454

0 komentar:

Poskan Komentar