Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Supercell

Jumat, 16 September 2011

 Credit : gamingangels.com
Supercell adalah grup musik Jepang beranggotakan 11 orang dengan komposer dan penulis lirik Ryo yang dibentuk di 2007 sebagai dojin music group. Supercell mulai dengan menggunakan syntnesizer Hatsune Miku untuk menghasilkan vocal lagu kemudian di kirimkan ke Nico Nico Douga video sharing website. Kepopuleran lagu ini membawa group ini merilis sebuah album independent self-titled Supercell di Comiket 74 pada Agustus 2008. Supercell kemudian memulai debut mereka dengan Sony Music Entertainment Japan dan merilis album Supercell di Maret 2009 yang isinya diperbanyak beberapa lagu dan sebuah DVD. Supercell merilis single pertama mereka, "Kimi no Shiranai Monogatari" pada Agustus 2009 dengan vocal oleh Nagi Yanagi. Nagi sendiri terkenal di Nico Nico Douga dengan nama Gazelle. Single pertama ini kemudian digunakan sebagai ending song untuk anime Bakemonogatari. Supercell merilis 3 single lagi pada 2010. Kemudian Supercell merilis album keduanya Today is A Beautiful Day pada Maret 2011.

Supercell terdiri dari 11 anggota yang dipimpin oleh Ryo yang bertanggung jawab atas musik dan penulisan lirik lagu.

Pada 7 Desember 2007, Ryo mengirimkan lagu Melt ke Nico Nico Douga menggunakan Vocaloid singing synthesizer, Hatsune Miku sebagai vocalnya. Dan sejak itu video tersebut telah dilihat lebih dari 5 juta kali. Ryo yang waktu itu menggunakan ilustrasi Miku tanpa permisi pada seorang ilustrator bernama 119 kemudian meminta maaf. tanpa diduga, 119 tertarik pada Melt dan mulai bekerja sama dengan Ryo, kemudian membentuk Supercell.

Ryo memilih mengupload Melt lewat Nico Nico Douga karna ia menyukai sistem pada website tersebut. Ryo juga tidak bermaksud sengaja menggunakan suara Hatsune Miku sebagai vocalist lagunya, bahkan sebagian besar anggota Supercell tidak tahu Miku hingga Melt makin populer. Karena Ryo tidak mengenal penyanyi, jadi temannya menyarankan untuk menggunakan Miku sebagai vocalist.

DI 2008 Supercell melanjutkan merilis lagu yang semakin lama makin populer. Beberapa diantaranya "Koi wa Sensō" (恋は戦争) pada 22 Februari, "World is Mine" (ワールドイズマイン Wārudo izu Main) pada 31 Mei, dan "Black Rock Shooter" (ブラック★ロックシューター Burakku Rokku Shūtā) pada 13 Juni yang semuanya mendapat lebih dari 1 juta views.

Debut major label dengan Sony Music ditandai dengan rilisnya album mereka pada 4 Maret 2009. Album ini meraih peringkat ke-4 di Oricon. Dan pada Juni 2009 mendapat penghargaan Gold Disc karena terjual lebih dari 100000 copies dalam 1 tahun. Supercell juga terpilih sebagai pendatang baru terbaik Jepang 2009 pada Japan Gold Disc Award 2010.

Single ke dua, "Sayonara Memories" (さよならメモリーズ) dirilis 10 Februari 2010. Single ke tiga "Utakata Hanabi / Hoshi ga Matataku Konna Yoru ni" (うたかた花火 / 星が瞬くこんな夜に) dirilis pada 25 Agustus 2010. "Utaka Hanabi" digunakan sebagai ending theme ke 14 Naruto Shippuden. Dan "Hoshi ga Matataku Konna Yoru Ni" sebagai ending theme untuk visual novel Mahotsukai no Yoru. Supercell juga merilis "Kotchi Muite Baby / Yellow" (こっち向いて Baby / Yellow) yang menjadi theme song Hatsune Miku: Project Diva 2nd. Single ini dirilis pada 14 Juli 2010 di Jepang.

Supercell mengadakan audisi dari 25 Mei - 19 Juni 2011 untuk mencari seorang vocalist tamu untuk album ketiga band tersebut. Kriteria utamanya adalah suaranya, Supercell tidak terlalu mempedulikan gender ataupun usia. Dari 2000 kandidat, 2 gadis terpilih : Koeda (15 tahun) dan Chelly (17 tahun). Supercell mengeluarkan split single hasil kolaborasi dengan Dixie Flatline yaitu "Sekiranun Graffiti (積乱雲グラフィティ) / Fallin' Fallin' Fallin'" pada 31 Agustus 2011. Single ini digunakan sebagai opening theme Hatsune Miku: Project Diva Extend.

Website resmi supercell : supercell.jp

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Supercell_%28band%29

0 komentar:

Poskan Komentar