Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Yōkai

Kamis, 01 September 2011


Yōkai (妖怪, iblis, arwah, atau monster) adalah sejenis makhluk supernatural di cerita rakyat Jepang. Kata Yōkai terbentuk dari kanji yang pengertiannya 'dunia lain' dan 'aneh'. Kebanyakan Yōkai digambarkan punya bentuk hewan seperti Kappa yang mirip kura-kura atau Tengu yang bersayap), mereka juga dapat berwujud manusia, beberapa mengambil bentuk lain dan lainnya tidak berwujud. Yōkai biasanya memiliki kemampuan supernatural. Yōkai yang dapat beganti wujud disebut obake.

Pada masa Edo, banyak pelakon seni seperti Toriyama Sekien menciptakan Yōkai yang terinspirasi dari cerita rakyat atau berdasar ide mereka sendiri, dan sekarang, beberapa Yōkai karangan mereka disalah artikan sebagai legenda asli.

Macam-macam Yōkai :

1. Yōkai perubah bentuk (Obake)
Ada banyak hewan asli Jepang yang dianggap memiliki kemampuan sihir. Salah satu kemampuan ini adalah henge (変化) atau berubah wujud yang biasanya mengikuti bentuk manusia, kebanyakan wanita. Jadi beberapa hewan yang dikenal sebahai hewan Yōkai adalah :
Tanuki (raccon)
 Credit : yusof-yusof.blogspot.com

Kitsune (rubah)

Hebi (ular)

Mujina(luak)

Bakeneko (kucing)

Ōkami (serigala)
 Credit : ikemasenojousama.blogspot.com

Tsuchigumo dan jorōgumo (laba-laba)

Inugami(anjing)
 Credit : bagusseven.blogspot.com

2. Oni
Oni juga merupakan jenis Yōkai yang terkenal sering digambarkan seperti semacam raksasa gunung biasanya berkulit merah, biru, coklat, atau berkulit hitam, punya 2 tanduk dikepalanya, dan mulut lebar yang penuh dengan taring, tidak berpakaian, hanya mengunakan kain dari kulit harimau. Sering membawa pedang besar atau pentungan besi. Oni lebih sering digambarkan sebagai setan, namun kadang digambarkan sebagai perwujudan kemarahan alam.

3. Tsukumogami
Tsukumogami ini mirip obake. Namun ia berbentuk peralatan yang ada dalam rumah. Mereka akan hidup saat ulang tahun ke 100nya. Biasanya terdiri dari:
Bakezouri (sandal jepit)
Biwa-bokuboku (kecapi)
Bura-bura (lentera kertas)
Karakasa (payung lama)
 Credit : dimasanarky.blogspot.com
Kameosa (botol sake)
Morinji-no-kama (teko teh)
Mokoku Ren (kertas bermata). =_=

4. Transformasi Dari Manusia
Ada sejumlah besar Yōkai yang sebenarnya hanya manusia biasa kemudian berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dan biasanya terjadi pada saat masa emosional. Wanita yang menderita kecemburuan berlebih, contohnya, dikatakan berubah menjadi oni wanita direpresentasikan oleh topeng Hannya. Contoh lainnya : Rokuro-ubi(manusia yang dapat memanjangkan lehernya ketika malam), Ohaguro-bettari(biasanya wanita, yang menunjukkan wajah hanya sebuah mulut), Futakuchi-onna( seorang wanita dengan sebuah mulut ekstra dibelakang kepalanya), Dorotabō (mayat hidup petani yang menghantui orang-orang yang menyalahgunakan lahannya).

5. Lainnya
Ada beberapa Yōkai yang sangat spesifik kelakuannya, contoh :
Azuki Arai (Yōkai yang selalu ditemukan sedang mencuci kacang azuki)
Akaname (hanya ditemukan di kamar mandi kotor dan menghabiskan waktu dengan menjilat kotoran)
Ashirai Yashiki (jejak kaki raksasa yang muncul di ruangan dan ingin agar tuan rumah yang ketakutan yang membersihkannya)
Tofu Kozo (biksu kecil yang terlihat membawa sebuah piring dengan sepotong tofu)

Berbagai macam Yōkai mempengaruhi cerita rakyat, seni, dan literatur. Yōkai juga sering muncul dalam manga, anime, dan horror Jepang. Mangaka bernama Shigeru Muzuki contohnya, menggunakan unsur Yōkai pada manganya (GeGeGe no Kitaro dan Kappa no Sanpei).
 Credit : aora.tv

Beberapa anime dan manga yang berunsur Yōkai :
Amatsuki, Ghost Stories, InuYasha, Kanokon, Karas, Kamisama Kiss, Kekkaishi, Natsume Yuujinchou, Nurarihyon no Mago, Omamori Himari, Otome Yōkai Zakuro, Shonen Onmyouji, Tactics, Yōkai Ningen Bem, Yozakura Quartet, Yu Yu Hakusho, xxxHolic.

Beberapa games berunsur Yōkai:
Darkstalkers, Harukanaru Toki no Naka De, Kamen Raider Hibiki, Ninja Sentai Kakuranger, Ōkami, Pocky & Rocky, Samurai Sentai, Shinkenger, Touhou

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Y%C5%8Dkai

0 komentar:

Posting Komentar