Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Vocaloid

Jumat, 09 September 2011

 (From Left to right): Sai Tonarine, Haku Yowane, Neru Akita, Miku Zatsune, Miku Hatsune, Juon Kiku, MEIKO, Rin & Len Kagamine, KAITO, Miku Hachune, Teto Kasane, Iku Acme

Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android".

Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.

Vocaloid 1

Yamaha mulai mengembangkan Vocaloid pada Maret 2000 dan mengumumkannya pertama kali di German fair Musikmesse di 5-9 Maret 2003. Vocaloid pertama Leon dan Lola dirilis oleh studio Zero-G pada 3 Maret 2004 yang keduanya dijual sebagai "Virtual Soul Vocalist". Leon dan Lola membuat kemunculan pertama mereka di NAMM Show 15 Januari 2004. Leon dan Lola juga didemonstrasikan di Zero-G Limited selama Wired Nextfest dan memenangkan 2005 Electronic Mucusian Editor's Choice Award. Zero-G kemudian merilis Miriam, dengan suara yang didapat dari Miriam Stockley pada Juli 2004. Kemudian setahun setelahnya, Crypton Future Media juga merilis Vocaloid pertama mereka, Meiko. Di Juni 2005 Yamaha mengupgrade mesin menjadi versi 1.1. Lalu dirilis lagi update mesin jadi Vocaloid 1.1.2, menambahkan fitur-fitur baru pada softwarenya walaupun menghasilkan sedikit hasil output yang berbeda. Total vocaloid yang dirilis sejak 2004-2006 ada 5 produk. Vocaloid tidak punya rival tandingan dalam teknologi ini pada saat rilis. Sejalan dengan 2011, versi dari software in tidak lagi disupport oleh Yamaha dan tidak akan diupdate lagi.

Vocaloid

    Leon (pria, aliran Soul, bahasa Inggris, Zero-G, 3 Maret 2004)
    Lola (wanita, aliran Soul, bahasa Inggris, Zero-G, 3 Maret 2004)
    Miriam (wanita, bahasa Inggris, Zero-G,, 26 Juli 2004)
        Model: Miriam Stockley yang menyanyikan seri album Adiemus
    Meiko (wanita, bahasa Jepang, Crypton Future Media, 5 November 2004)
        Model: Meiko Haigō, aliran: pop, rock, jazz, R&B, lagu anak-anak. Bisa berduet dengan Hatsune Miku dan Kaito.
    Kaito (pria, bahasa Jepang, Crypton Future Media, 17 Februari 2006)
         Model: Naoto Fūga, aliran: pop dan semua jenis musik, terutama lagu anak-anak.

Vocaloid 2

Vocaloid 2 diumumkan pada 2007. Baik mesin maupun tampilan antar muka nya berbeda. Fitur baru seperti note auditioning, transparent control back, dll telah diimplementasikan. Bahkan suara napas dan bisikan dapat direkam ke dalamnya dan membuat suara yang realistis. Yamaha mengumumkan sebuah versi vocaloid 2 untuk iPhone dan iPad, yang ditampilkan pada Y2 Autumn 2010 Digital Content Expo di Jepang. Kemudian, versi software ini dirilis menggunakan suara vocaloid Yamaha sendiri yang disebut VY1.

    Sweet Ann (wanita, bahasa Inggris, PowerFX, 21 September 2007)
    Character Vocal Series (bahasa Jepang, Crypton Future Media)
        Hatsune Miku (初音ミク?) (wanita, 31 Agustus 2007, sampling: seiyū Saki Fujita[2])
        Kagamine Rin/Len (鏡音リン・レン?) (Len : pria, Rin : wanita, sampling: Asami Shimoda, 27 Desember 2007)
        Megurine Luka (初音ミク?) (bahasa inggris dan Jepang )(wanita, 30 Januari 2009, sampling: seiyū Yu Asakawa)
        Hatsune Miku Append (wanita, 30 April 2010, sampling: seiyū Saki Fujita)
    Prima (wanita, penyanyi sopran, berkulit hitam, bahasa Inggris, Zero-G, 22 Februari 2008)
    Gackpoid (pria, Internet Co., Ltd., Juni 2008, sampling: Gackt)
    Big-Al (pria, bahasa Inggris, PowerFX, 22 Desember 2009)
    Megpoid (wanita, bahasa Jepang, Internet Co., 25 Juni 2009, sampling: Megumi Nakajima)
    Sonika (wanita, bahasa Inggris, Zero-G, 14 Juli 2009)
    Kiyoteru Hiyama (pria, bahasa Jepang, AH Software, 4 Desember 2009)
    SF-A2 Miki (wanita, bahasa Jepang, AH Software, 4 Desember 2009, sampling: Miki Furukawa)
    Yuki Kaai (wanita, bahasa Jepang, AH Software, 4 Desember 2009)
    Lily (wanita, bahasa Jepang, Yamaha Corporation Avex Management Internet Co., Ltd., 25 Agustus 2010 ,sampling: Yūri Masuda(m.o.v.e))
    VY1/Mizky (tanpa jenis kelamin, bahasa Jepang, Yamaha Corporation Bplats, 1 September 2010)
    Gachapoid (pria, bahasa Jepang, Internet Co., Ltd., 8 Oktober 2010)
    Nekomura Iroha (wanita, bahasa Jepang, AH Software, 22 Oktober 2010)


Vocaloid 3

Perilisan Vocaloid 3 dilakukan pada September 2011. Beberapa studio mencoba mengupdate Vocaloid 2 menjadi seperti Vocaloid 3. Juga termasuk software "Vocalistener". Vocaloid 3 akan mengusung beberapa bahasa tambahan seperti Bahasa Mandarin, Korea, dan Spanyol. Tidak seperti versi sebelumnya, vocal libraries dan main editing softwarenya akan dijual secara terpisah. Vocal libraries sendiri hanya akan berisi versi kecil dari editing software Vocaloid 3.

Promosi terbesar Vocaloid adalah "The Voc@loid M@ster" (Vom@s) yang diadakan 4 kalo setahun di Tokyo di dekat Prefecture Kanagawa.

Vocaloid menjadi sangat populer di Jepang sejak kemunculan Hatsune Miku. Bahkan karakter ini sempat diluncurkan dalam sebuah roket dari Nevada (AS) meskipun tidak sampai ke ruang angkasa.
Hatsune Miku terpilih di posisi kedua dalam pollng Japanese Yahoo! untuk kategori karakter games terfavorit. Dalam Tokyo Best and Worst 2010, Hatsune Miku dinobatkan sebagai "Best new virtual singer for otaku generation."


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Vocaloid
             http://en.wikipedia.org/wiki/Vocaloid

0 komentar:

Poskan Komentar