Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Touhou Project

Selasa, 20 September 2011


Touhou Project (東方Project Tōhō Purojekuto), atau yang juga dikenal Toho Project atau Project Shrine Maiden, adalah permainan tembak menembak berbasis 2D berlatar belakang 3D. Touhou Project dibuat oleh Tim Shanghai Alice yang hanya beranggotakan 1 orang, yaitu ZUN, yang mengerjakan seluruh proyek sebagian besar dari grafik, musik, dan program. Touhou Project pertama kali dibuat pada tahun 1996 dengan judul, Highly Responsive to Prayers, oleh grup Amusement Makers untuk komputer Jepang seri NEC PC-9801. Empat permainan video Touhou berikutnya dirilis antara Agustus 1997 dan Desember 1998, dan juga untuk NEC PC-9801. Touhou Project sempat tidak aktif selama tiga dan setengah tahun sampai game Touhou pertama untuk Microsoft Windows, The Embodiment of Scarlet Devil, dirilis pada Agustus 2002 oleh ZUN seorang diri setelah keluar dari grup Amusement Makers, dan memulai Tim Shanghai Alice. Touhou Project kemudian mendapat sambutan publik yang sangat besar dan mulai bertambahnya game official, serta sebagai tambahan novel, manga, dan musik.

Media lainnya : Buku, manga, novel

Curiosities of Lotus Asia (東方香霖堂 Tōhō Kōrindō, lit "Eastern Hall of the Perfumed Rain")
Ditulis sendiri oleh ZUN. Pertama dipublikasikan pada Colorful Puregirl namun kemudian pindah ke Magazine Elfic. Terakhir berpindah lagi ke penerbit lain dan diterbitkan ke Degenki Moeoh antara Agustus hingga Desember 2007. Adapula seri kompilasi yang dirilis pada 30 September 2010 oleh ASCII Media Works. Protagonis Rinnosuke Morichika adalah satu-satunya humanoid karakter yang ditunjukkan dalam Touhou.

Touhou Sangessei (東方三月精 lit. Oriental Moonlight Fairy Trio)
Touhou Sangessei adalah manga yang dipublikasikan di Comp Ace. Ceritanya berinti pada tiga pero dan kehidupan harian mereka, petualangan juga pertemuan lainnya. Cerita awal ditulis oleh ZUN, dan diilustrasikan oleh manga artis tertentu. Bagian pertama, Eastern and Little Nature Deity, digambarkan oleh Nemu Matsukura. Mulai dari Mei 2006, Matsukura berhenti menggambar manga karena alasan kesehatan, kemudian tanggung jawab itu diserahkan pada Makoto Hirasaka. Kemudian versi kedua Touhou Sangessei dipublikasikan berjudul Strange and Bright Nature Deity. Pada Januari 2009, Strange and Bright Nature Deity berakhir kemudian digantikan dengan part ketiga berjudul Oriental Sacred Place di Mei 2009. Lalu part keempat yang berjudul Fairy Wars pun dirilis sebagai game pada 14 Agustus 2010.

Bohemian Archive in Japanese Red (東方文花帖 Tōhō Bunkachō, lit. "Oriental Cultural Album")
Bohemian Archieve ini adalah fanbook official dari seri Touhou. Buku ini termasuk artikel oleh Aya Shameimaru, sebuah interview ZUN dan sebuah kompilasi dari beberapa dojinshi. Sebuah CD-ROM juga dilampirkan pada belakang cover, dan didalamnya terdapat musik baru oleh ZUN, sebuah demo Phantasmagoria of Flowe View dan sebuah wallpaper.

Seasonal Dream Vision (東方紫香花 Tōhō Shikōbana, lit. "Violet Flowers and Incense of the East")
Seasonal Dream Vision adalah sebuah antologi dari dojinshi yang dipublikasi oleh Tora no Ara. Juga termasuk cerita pendek ZUN mengenai Phantasmagoria of Flower View dan sebuah CD dari musik aransemennya.

Touhou Bōgetsushō (東方儚月抄 lit. Eastern Ephemeral Moon Vignette)
Touhou ini adalah kelanjutan dari cerita sebelumnya Imperishable Night.  Termasuk sebuah manga, novel dan yonkoma diserialkan di 3 Ichijinsha. Manga Silent Sinner in Blue mulai diserialkan di Comic Rex pada Juli 2007. Digambar oleh Aki Eda, manga ini berfokus pada karakter manusia, Reimu dan Marisa. Lalu novel Cage in Lunatic Runagate diserialkan pada Chara Mel dimulai sejak 25 Juni 2007. Diilustrasikan oleh Tokiame, dengan plot yang lebih mendalam dari manganya, mengambil sudut pandang bukan manusia. Lalu terakhir yonkoma The Inaba of The Moon and the Inaba of the Earth(月のイナバと地上の因幡 Tsuki no Inaba to Chijō no Inaba) diilustrasikan oleh Arata Toshihira, cerita sampingan dari cerita utama termasuk Reisen dan Tewi Inaba. Debut di Agustus 2007 di Manga 4-koma Kings Palette yang dijual pada 22 Juni 2007.

Grimoire of Marisa (グリモワール オブ マリサ Gurimowaru obu Marisa)
Ini adalah buku yang mencatat tentang spell card. Ditulis oleh ZUN dan diilustrasikan oleh Takeshi Moriki untuk isinya sedangkan Genji Asai untuk covernya. Dipublikasikan pada Juli 2009.

Wild and Horned Hermit (東方茨歌仙 Tōhō Ibarakasen)
Ini adalah manga yang mulai diserialkan pada 24 Juli 2010 yang ditulis oleh ZUN dan art oleh Aya Azuma, dan mengenalkan karakter baru, Kasen Ibara.

Ada banyak lagi lainnya yang mengambil dasar Touhou Project. Touhou Project juga dinominasikan dalam annual Media Arts Plaza yang ke-11 diadakan oleh agensi Jepang untuk bidang budaya dibawa kategori entertainment.

Kemudian, ada pula projek animasi, Anime Tenchou x Touhou Project (アニメ店長 x 東方Project (working title)) yang diproduksi oleh Ufotable dalam rangka ulang tahun ke 10 Animate. Akan diadakan percampuran antara dunia Touhou dengan maskot Animate, Meito Anizawa, yang sebelumnya muncul dalam anime Lucky Star.

Hakurei Shrine Reitaisai (博麗神社例大祭 Hakurei Jinja Reitaisai, Hakurei Shrine's Regular Grand Festival) adalah konvensi dojin terbesar yang hanya menyediakan tentang Touhou. Nama Hakurei ini diberi oleh ZUN sendiri. Reitaisai 2011 pun sempat dibatalkan karena adanya gempa dan tsunami yang melanda Jepang. Kemudian dijadwalkan ulang dan diadakan pada 8 Mei 2011 dengan peserta hampir 4940.

Beberapa karakter :
Reimu Hakurei (博麗 霊夢 Hakurei Reimu)
Jenis : manusia
Kemampuan : dapat terbang ke angkasa. Juga dapat memanggil kekuatan dari spellcardsnya.
Residence : Hakurei Shrine
Dikenal juga dengan sebutan Shrine Maiden of Paradise. Reimu adalah tokoh utama game Touhou 1 -13. Reimu mudah bergaul,beberapa mengatakannya pemalas, dan benci latihan. Namun ia memang sudah berbakat. Reimu juga muncul di Seihou: Shuushou Gyoku sebagai salah satu dari Extra Bosses juga di Graffiti Kingdom sebagai "Flying Maiden".

Marisa Kirisame (霧雨 魔理沙 Kirisame Marisa)
Jenis : manusia
Kemampuan : magic tingkat tinggi
Residence : Forest of Magic
Dikenal juga dengan sebutan Ordinary Sorceress. Marisa merupakan karakter utama kedua dalam game Touhou 3-13 meski ia muncul di game kedua sebagai musuh. Marisa adalah seorang manusia penyihir yang tinggal di Forest of Magic. Dia berteman dengan Reimu dan sering mengunjunginya. Marisa juga muncul di Seihou : Shuushou Gyoku sebagai salah satu Extra Bosses.

Shingyoku  (しんぎょく) : Boss di stage 5. Seorang gate keeper yang punya 3 bentuk, sebuah lambang yin-yang, seorang pendeta wanita, dan pendeta pria.

YuugenMagan (幽玄魔眼 Yūgenmagan)  : Boss stage 10 di rute Makai.

Elis (エリス Erisu) : berjenis devil. Seorang devil innocent, boss stage 15 rute Makai.

Sariel (サリエル Sarieru) : berjenis Angel, residence : Fallen Shirine, Sebutannya Angel of Death, boss terakhir di rute Makai.

Mima (魅魔?)
Jenis : demon
Residence : Hakurei Shirine
Pertama kali muncul di rute Jigoku, Mima kemudian kembali di games PC-98 dengan peran yang lebih besar. Mima adalah seorang Hantu yang menghantui daerah sekitar Hakurei Shirine. Mima sangat yakin dengan kemampuannya. Meskipun Mima sering dipanggil hantu, selama Phantasmogaria of Dim.Dream, Mima menolak dikatakan telah meninggal, ia menjelaskan bahwa dirinya ,"just a soul."

Shinki (神綺)
Jenis : Dewa
Residence : Pandæmonium
Pencipta Makai. Karena ia adalah pembuat segalanya di Makai, maka penghuni Makai melihatnya sebagai Tuhan. Sebagai boss terakhir, ia memberika hukuman pada 4 penyusup yang memasuki Makai.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Touhou_Project
             http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Touhou_Project_characters

0 komentar:

Posting Komentar