Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Fullmetal Alchemist (Synopsis)

Kamis, 11 Agustus 2011


Genre : Fantasy, adventure, Drama, Action, Shonen, Comedy
Pengarang : Hiromu Arakawa

Manga : 
Original Run : Agustus 2001 - Juni 2010
Volumes : 27

Anime Series 

Episodes : 51
Original Run : October 4, 2003October 2, 2004

Film Anime
1. Fullmetal Alchemist: Conqueror of Shamballa
2. Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos
Duration of Film : 105 minutes 

Fullmetal Alchemist (鋼の錬金術師 Hagane no Renkinjutsushi) adalah sebuah anime dan manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetall Alchemist diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002 dan dalam bentuk tankobon oleh Square Enix. Di Indonesia, komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Mei 2007.

Sinopsis
Edward Elric dan Alphonse Elric awalnya hidup bahagia dengan orang tua mereka. Tetapi karena pekerjaan ayahnya adalah alkemist (ahli kimia), ayahnya yang bernama Van Hohenheim sering bepergian keluar rumah, sehingga Ed dan Al hanya tinggal bersama ibunya, Trisha Elric. Karena terlalu lelah mengurus rumah sendirian, Trisha jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Ed dan Al yang saat itu masih kecil, namun sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai alkemist mencoba menghidupkan kembali sang ibu. Namun, usaha mereka gagal. Tubuh Al diambil sebagai "biaya masuk" karena transmutasi manusia adalah hal tabu dalam alkimia. Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya dan kaki kirinya.
Di tengah keputusasaannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang alchemist kenegaraan (State Alchemist). setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga ia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Ed menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Ed pun diganti dengan automail. Setelah itu, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, dimulailah petualangan Ed guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.
Dalam petualangan mereka, mereka menemukan bahwa militer bekerja sama dengan Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Homunculus-homunculus tersebut diperintahkan secara khusus oleh orang yang disebut dengan julukan "Ayah." Ayah ini adalah Homunculus pertama yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol kecil. Homunculus dapat hidup karena darah Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu filsuf (philosopher's stone). Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk mengubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim. Oleh sebab itu, Ed, Al, dan teman-temannya berusaha keras untuk mencegah "Ayah" dalam menghancurkan Amestris.

Perbedaan dalam adaptasi anime pertama


Plot anime sampai pada pertengahan cerita pada intinya mengikuti manga, tetapi plotnya kemudian berbeda saat pertengahan cerita, saat Ed dan Al bertemu kembali dengan gurunya. Mantan kekasih Hoheinheim, guru dari guru mereka, Dante, yang berperan sebagai karakter antagonis utama, muncul dalam anime pertama. Beberapa abad lalu, Hoheinheim dan Dante membuat metode yang sempurna untuk membuat batu filsuf, dan mereka mendapatkan keabadian semu dengan cara mentransfer jiwa dan pikiran mereka kepada tubuh lain saat mereka tua. Hohenheim pada akhirnya merasa bersalah karena mengorbankan banyak nyawa untuk membuat Batu dan meninggalkan Dante. Meskipun Dante masih bisa pindah dari tubuh satu ke tubuh lain dengan sisa batu yang ia dan Hohenheim buat, ia tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat batu tersebut. Ia menggunakan homunculi untuk memaksa Edward dan Alphonse, dan beberapa Alchemist yang sama-sama putus asa, untuk membuat Batu filsuf yang utuh untuk dirinya.
Saat Scar membuat batu filsuf, ia menggabungkan batu filsuf tersebut pada badan besi Alphonse, membuat Alphonse kemudian diculik. Ketika Edward akan menyelamtkannya, dia dibunuh oleh homunculus Envy. Alphonse menggunakan batu filsuf utuk membangkitkan Edward tetapi kemudian ia menghilang sebagai konsekuensinya. Dante kemudian mencoba kabur, tetapi ia akhirnya dibunuh oleh Gluttony yang tidak mengenali tuannya. Setelah ia dibangkitkan, Edward mencoba mengorbankan nyawanya untuk membawa Alphonse kembali sebagai pertukarannya. Pada akhirnya Edward terjebak dalam dunia paralel, dan Alphonse mendapatkan kembali tubuh aslinya. Karena ingin kembali pada dunia aslinya dimana Alphonse berada, Edward membuat riset roket, dengan tujuan agar ia kembali ke dunia aslinya.

Tanggal 29 Juni 2011 OST Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos (FULLMETAL ALCHEMIST Nageki no Oka no Seinaru Hoshi) yang dikomposisi oleh Taro Iwashiro dirilis.

Cerita ini juga telah dijadikan game RPG dengan 2 judul Fullmetal Alchemist: Stray Rondo (鋼の錬金術師 迷走の輪舞曲 Hagane no Renkinjutsushi Meisō no Rondo) dan Fullmetal Alchemist: Sonata of Memory (鋼の錬金術師 想い出の奏鳴曲 Hagane no Renkinjutsushi Omoide no Sonata).

Maret 2007 manga ini terjual lebih dari 27 juta volumes di Jepang. Sedangkan tahun 2008, angka ini naik jadi 30 juta.
Dengan dirilisnya voleme 24 bulan Desember 2009, seri ini mencapai total 40 juta copies, ditambah dengan Volume 27, total terjual mencapai 50 juta copies.
Di survey Oricon 2009, manga ini menempati urutan 9 sebagai manga yang paling diinginkan live-actionnya.
Di bulan Januari 2010 setiap manga terjual hampir 1 juta copies per volumenya di Jepang.
Seri ini juga memenangkan Shogakukan Manga Award untuk Shonen tahun 2004.
 Bersamaan dengan Yakitatei Japan!, series ini memenangkan Shogakukan Manga Award tahun 2004.
Penayangan Priemer anime ini di Jepang meraih rating 6,82 %. Di tahun 2005 masuk dalam Top 100 online web poll untuk kategori anime adaptasi.

Tahun 2006, FMA memenangkan beberapa kategori, "Long Series", "Best Cast", "Best DVD Packahe Design", "Best Anime Theme Song(Rewrite by Ajikan), dan "Best Actor(English voice actor)".


Untuk karakter dapat dilihat disini.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Fullmetal_Alchemist
               http://en.wikipedia.org/wiki/Fullmetal_Alchemist
Picture : sibukforever.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar