Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

Kebiasaan Summer Di Jepang

Kamis, 04 Agustus 2011




Biasa orang jepang akan mengenakan Yukata di musim panas. Yukata adalah pakaian yang populer di antara masyarakat Jepang pada permulaan zaman Edo. Berbeda dengan kimono, yukata sebagai baju yang dipakai sehabis mandi air panas dapat dikenakan dengan nyaman pada musim panas dengan tidak berlapis-lapis. Saat ini, hampir semua orang berpakaian ala barat dan kesempatan untuk memakai Yukata sedikit sekali. Tetapi sebagai tanda datangnya musim panas, banyak orang yang menanti-nantikan untuk mengenakannya pada saat diadakan pesta kembang api atau festival musim panas, dll.

Yukata dipakai oleh pria maupun wanita, juga oleh dewasa maupun anak-anak, tetapi terutama saat digemari oleh wanita muda. Setiap tahun pada bulan Juni dan Juli, banyak majalah-majalah mode bagi wanita muda yang menampilkan edisi khusus mengenai Yukata bersama dengan pakaian renang. Diperkenalkan pula dengan rinci tidak hanya foto Yukata dengan corak tradisional, tetapi juga Yukata dengan disain baru lengkap dengan cara mengenakannya dengan baik dan pantas, model rambut yang sesuai, cara pengenaannya,dll.

Pesta kembang api yang mewarnai langit pada waktu malam hari musim panas di Jepang merupakan suatu peristiwa besar yang diselenggarakan setiap tahun, dibanyak tempat di dekat laut atau sungai. Kabarnya, kembang api ditemukan kira-kira tahun 1659 yaitu pada pertengahan zaman EDO. Kembang api Jepang berbentuk lingkaran dengan bunga-bunga yang banyak. Karena bentuk & warnanya yang bermacam-macam, sering dikatakan keindahan kembang api Jepang ~> nomor satu di dunia.

Pesta kembang api dilaksanakan pada hari-hari musim panas yang panas di bulan Juli atau Agustus. Pada malam itu banyak orang berkumpul, baik bersama keluarga, kekasih, maupun lainnya. Banyak pula dibuka kedai-kedai yang menjajakan makanan dan minuman, ketangkasan menangkap ikan emas, permainan, undian, dll, menjadikan-nya suatu malam yang sangat ramai.
Di Jepang setelah perang dunia ke II, film dianggap sebagai bintangnya rekreasi rakyat. Di Jepang sejak tahun 1993 mulai dibuka gabungan bioskop yg disebut cinema complex yang populer di Amerika dan Inggris. Cinema Complex adalah suatu gedung yang di dalamnya ada 7 sampai 15 layar film yang dibangun berdampingan dengan lapangan parkir, hyper shopping store, amusement park, dll. Dulu karena penyebaran TV sejak tahun enampuluhan, & juga karena populernya penyewaan video pada tahun delapanpuluhan orang-orang sudah mulai meninggalkan bioskop. Tetapi filmnya sendiri tetap digemari oleh orang banyak. Karena itu dibuatlah Cinema Complex seolah ingin mengatakan bahwa popularitas bioskop akan datang kembali seperti dulu.

Source : http://twitter.com/#!/Otakugakure
Pictures : id.wikipedia.org ; jagaeemo.wordpress.com ; archive.kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar