Welcome minna~~this blog is a share from @Otakugakure (Twitter) Enjoy your visit :) If you want to take out something, give proper credit, please :D Sankyuu~~~

The Melancholy of Haruhi Suzumiya (涼宮ハルヒの憂鬱 Suzumiya Haruhi no Yūutsu)

Selasa, 16 Agustus 2011


 Alternative title:
A Melancolia de Haruhi Suzumiya (Portuguese)
Die Melancholie der Haruhi Suzumiya (German)
La Malinconia di Haruhi Suzumiya (Italian)
La Melancolie de Haruhi Suzumiya (French)
Melancholia Haruhi Suzumiyi (Polish)
Suzumiya Haruhi no Yūutsu (Japanese)
Меланхолия Харухи Судзумии (Russian)
涼宮ハルヒの憂鬱 (Japanese)
涼宮春日的憂鬱 (Chinese (Taiwan))
스즈미야 하루히의 우울 (Korean)
Genres: comedy, science fiction, slice of life, supernatural, Mystery
Themes: school

Type: TV
Episodes: 14
Status: Finished Airing
Aired: Apr 3, 2006 to Jul 3, 2006
Producers: Kyoto Animation, Lantis, Bandai EntertainmentL, Kadokawa Pictures USAL
Duration: 23 min. per episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older

 Opening Theme:
#1: "Koi no Mikuru Densetsu (恋のミクル伝説; Mikuru Legend of Love)" by Yuko Goto as Mikuru Asahina (ep 01)
#2: "Bouken de-show de-show? (冒険でしょでしょ?; Adventure, right? Right?)" by Aya Hirano (eps 02-09,11-13)
Ending Theme:
#1: "Hare Hare Yukai (ハレ晴レユカイ; Sunny Sunny Happy)" by Aya Hirano, Minori Chihara, and Yuko Goto (eps 01-13)
#2: "Bouken de-show de-show? (冒険でしょでしょ?; Adventure, right? Right?)" by Aya Hirano (ep 14)
Insert song:
"God knows..." by Aya Hirano (ep 12)
"Lost my music" by Aya Hirano (ep 12)


The Melancholy of Haruhi Suzumiya (涼宮ハルヒの憂鬱 Suzumiya Haruhi no Yūutsu) adalah seri pertama dari sembilan seri novel Haruhi Suzumiya yang ditulis oleh Nagaru Tanigawa dan diilustrasikan oleh Noizi Ito.

Cerita Haruhi Suzumiya pertama kali diterbitkan oleh Kadokawa Shoten pada tanggal 6 Juni 2003 dalam sebuah majalah seinen, The Sneaker. Cerita ini lalu diaptasi dalam bentuk manga (2005), anime (2006), dan terakhir serial drama audio (2006).

Versi anime dari cerita ini diproduksi oleh Kyoto Animation dan menitikberatkan pada plot seri pertama dari novel walaupun mengambil banyak referensi dari seri-seri lainnya dan juga satu cerita orijinal yang dibuat oleh sang pengarang sendiri untuk versi anime. Anime ini disutradarai oleh Tatsuya Ishihara yang juga berjasa dalam pembuatan anime AIR, Inu Yasha, dan Full Metal Panic? Fumoffu. Seluruh serialnya yang mulai ditayangkan di Jepang pada tanggal 2 April 2006 berjumlah 14 episode dan patut diperhatikan bahwa episode-episode itu tidak ditayangkan sesuai dengan urutan kronologisnya.


The Melancholy of Haruhi Suzumiya bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang siswi sekolah menengah atas yang tidak biasa bernama Haruhi Suzumiya dan "teman-temannya" yang terlibat dalam berbagai hal yang dia lakukan.

Cerita ini seluruhnya dinaratori dan dilihat dari sudut pandang Kyon, seorang teman sekelas Haruhi yang telah meninggalkan segala angan-angannya untuk menjumpai orang-orang bukan manusia biasa seperti alien, penjelajah waktu, esper, dan slider (“penjelajah dimensi”) dan menjalani hidup yang biasa saja. Namun, segalanya berubah ketika dia mencoba bicara pada Haruhi Suzumiya karena dia tak sengaja memberi Haruhi ide untuk membuat sebuah grup bernama SOS Dan. (Dan=Brigade) yang menurut Haruhi bertujuan untuk mencari hal-hal misterius dan tidak biasa di dunia ini.

Haruhi kemudian memaksa Kyon menjadi anggota grup barunya, begitu pula dengan 4 siswa lain yang tidak dikenal Kyon sebelumya. Kemudian seiring berjalannya waktu, Kyon menyadari bahwa banyak hal yang disangkanya tidak pernah ada, ternyata benar-benar eksis di dunia ini.

Satu per satu anggota SOS Dan memperkenalkan diri kepada Kyon sebagai agen dari beberapa organisasi bukan manusia biasa yang memiliki tujuan yang berbeda-beda, tapi tujuan utama mereka dikirim ke SMA Kyon adalah untuk mengamati Haruhi. Kyon semakin dibingungkan oleh penjelasan-penjelasan panjang mereka di mana dia dapat menyimpulkan dua hal: bahwa alien dan sejenisnya benar-benar ada di dunia ini dan bahwa Haruhi lebih istimewa lagi daripada mereka semua karena mempunyai kekuatan untuk mengendalikan lingkungan di sekitarnya sesuai keinginannya tanpa ia sadari.

Haruhi mempunyai kekuatan seperti kemampuan seorang Tuhan yang hanya bisa dibatasi oleh akal sehatnya sendiri, yaitu mengubah, menghilangkan, dan bahkan menghapuskan dunia dan menciptakan dunia baru jika dia merasa terlalu bosan dengan keadaanya saat ini. Karena itulah, seluruh anggota SOS Dan-nya berusaha mati-matian agar Haruhi tidak menghancurkan dunia mereka, tapi tetap saja ada begitu banyak masalah yang harus mereka hadapi dan tidak sedikit masalah yang berakhir dengan tidak diduga-duga. 

Seri pertama Manga Haruhi pertama mulai dirilis dari Mei-Desember 2004. Seri kedua diilustrasikan oleh Gaku Tsugano dimulai dari November 2005.
Animenya sendiri diproduksi oleh Kyoto Animation. Terdiri dari 14 episode yang ditayangkan di Jepang antara 2 April - 2 July 2006.
Sedangkan untuk film, The Disappearance of Haruhi Suzumiya (涼宮ハルヒの消失 Suzumiya Haruhi no Shōshitsu) diadaptasi dari light novel ke 4 nya dan ditayangkan di bioskop Jepang pada 6 Februari 2010.
Ada 6 video games terpisah yang telah diproduksi berdasarkan seri ini.

Animenya punya 2 Opening Themes, yaitu The Mikuru Legend Love (恋のミクル伝説 "Koi no Mikuru Densetsu) oleh Yuko Goto. Dan yang kedua adalah It's an Adventure, Right? Right?" (冒険でしょでしょ? "Bōken Desho Desho?) oleh Aya Hirano.
Main ending theme dari seri ini adalah "Sunny Sunny Happiness" (ハレ晴レユカイ "Hare Hare Yukai) yang dibawakan oleh Aya Hirano, Minori Chihara dan Yuko Goto.

Anime ini mendatangkan akibat, yaitu hampir 2000 klip dari seri ini dan juga klip parodi buatan user dan juga site yang di poskan ke You Tube dan Nico Nico Douga.

Pengisi suara Haruhi, Yuki, dan Mikuru adalah Aya Hirano, Minori Chihara dan Yuko Goto bersamaan dengan aktor Jepang Ikuta Toma membuat iklan pertama mereka mempromosikan Lotte Acuo Gum pada Maret 2010.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/The_Melancholy_of_Haruhi_Suzumiya
            http://myanimelist.net/anime/849/Suzumiya_Haruhi_no_Yuuutsu
             http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=6430
Picture : animaster-talks.net

0 komentar:

Poskan Komentar